Gigi Dapat Rusak Jika Kita Salah Dalam Menyikat Gigi

DokterSehat.com – Kebiasaan menyikat gigi biasanya telah diterapkan semenjak umur kita masih sangat muda. Dengan membiasakan menyikat gigi, diharapkan kondisi gigi tetap sehat dan menawan. Namun, meskipun sangat baik, membiasakan menyikat gigi sejak dini tanpa diselingi dengan pengetahuan akan cara menyikat gigi dengan baik dan benar justru dapat memberikan dampak buruk tersendiri bagi gigi. Ya!, alih-alih gigi anda bertambah sehat, yang terjadi justru gigi anda dapat rusak.

6

Berikut adalah beberapa contoh yang dikemukanan dari pakar gigi tentang cara menyikat gigi yang ternyata dapat membuat gigi rentan berlubang, rusak, dan memicu penyakit pada gusi:

  • Banyak orang yang menyikat gigi dalam durasi yang sangat singkat. Hal ini dapat terjadi karena adanya pola pikir “yang penting sudah menyikat gigi” yang banyak berkembang di masyarakat. Padahal, pakar gigi menyarankan setidaknya waktu menyikat berkisar antara dua hingga tiga menit, jika kurang dari waktu tersebut, semua kuman belum tentu dapat hilang dari gigi dan mulut.
  • Dalam menyikat gigi, orang pun jarang memperhatikan cara penyikatannya. Sebagai contoh daerah gigi di tepi garis gusi justru jarang sekali tersentuh sikat gigi. Padahal, di tempat itulah banyak plak, bakteri, bahkan tartar yang dapat menginfeksi gusi. Ada baiknya anda menyikat gigi sambil melihat ke cermin sebagai solusi akan hal ini.
  • Terkadang kita hanya menyikat gigi ke satu arah saja. Hal ini dapat memicu kerusakan enamel gigi. Dengan rusaknya enamel, gigi dapat retak dan melemah dengan mudah. Sebagai solusi akan hal ini, ada baiknya kita mulai menyikat dengan cara membentuk lingkaran kecil, terus beralih, berkeliling, dan khusus untuk gigi geraham dapat menggunakan cara tegak lurus.
  • Menyikat gigi terlalu keras juga tidak baik, garis gusi dapat lecet dan lapisan dentin dan sementum dapat rusak. Cara menyikat yang agresif ini dapat merusak gigi dan gusi dengan mudah.
  • Kebanyakan orang tidak memperdulikan jenis sikat gigi yang cocok untuk giginya. Padahal, berbagai jenis sikat gigi tersebut diperuntukkan untuk memaksimalkan pembersihan gigi. Jika kita menggunakan sikat gigi yang salah, gusi dapat terluka atau bahkan lecet, yang dapat memicu masuknya kuman untuk berkembang biak.