Gigi Bisa Rusak Selama Proses Kehamilan

DokterSehat.Com – Saat ibu berada dalam proses kehamilan, ibu akan mengalami banyak sekali perubahan pada tubuhnya. Sebagai contoh, selain bentuk tubuh ibu hamil yang cenderung lebih besar dari sebelumnya, terdapat banyak sekali perubahan hormon yang bisa membuat ibu hamil mengalami beberapa gangguan kesehatan yang cukup mengganggu. Bagian gigi bisa mengalami perubahan yang cukup besar selama masa kehamilan sehingga bisa mengalami kerusakan atau rasa sakit pada gigi. Berikut adalah beberapa permasalahan pada gigi yang kerap sekali terjadi selama masa kehamilan berlangsung.

doktersehat-hamil-susu-oatmeal

Perubahan hormon selama masa kehamilan bisa memicu masalah gingivitis pada ibu hamil. Uniknya, hampir semua masalah gingivitis bisa segera menghilang setelah sang buah hati lahir. Gingivitis sendiri adalah adanya masalah pada gusi ibu hamil dimana gusi bisa berubah menjadi kemerahan dan bahkan bisa mengeluarkan darah, terutama jika ibu hamil menyikat giginya. Dalam bebearpa kasus, gusi juga bisa mengalami pembengkakan yang cukup parah dan menyiksa. Selaim masalah gingivitis, ibu hamil juga beresiko mengalami masalah granumola yakni kondisi dimana terdapat banyak bintik-bintik merah yang terjadi pada gusi. Meskipun penyakit ini cenderung tidak berbahaya, namun granumola bisa membuat rasa tidak nyaman pada gusi dan rongga mulut secara keseluruhan.

Pada masa awal kehamilan, ibu hamil bisa mengalami sebuah kondisi tidak nyaman pada rongga mulutnya berupa produksi air liur yang cenderung berlebihan dan sulit untuk dihentikan. Kondisi ini bisa berlangsung hingga akhir trimester pertama masa kehamilan. Selain produksi air liur yang sangat banyak, asam lambung juga bisa mengalami kenaikan dengan signifikan pada masa ini. Setelah trimester pertama, ibu hamil juga bisa mengalami kondisi mulut kering yang pada akhirnya bisa memicu bibir pecah-pecah yang tentu akan sangat tidak nyaman.

Baca Juga:  Cemas Berlebihan Bisa Memicu Beberapa Kebiasaan Buruk Berikut Ini

Masa kehamilan bisa membuat ibu mengalami kondisi morning sickness atau mual-mual yang terjadi pada pagi hari. Jika ibu hamil sering muntah-muntah, maka asam yang ikut terbawa dari dalam perut bisa memicu kerusakan pada enamel gigi dan pada akhirnya membuat gigi akan mudah terkikis sehingga mengalami kerusakan.