Gigi Berlubang Sebaiknya Ditambal atau Dicabut?

DokterSehat.Com– Gigi berlubang termasuk dalam masalah kesehatan yang kerap dialami oleh banyak orang di Indonesia. Biasanya, masalah kesehatan ini disebabkan oleh kebiasaan mengkonsumsi makanan manis atau malas menyikat gigi sebelum tidur. Untuk mengatasi masalah gigi berlubang ini, ada baiknya kita menambalnya atau mencabutnya saja?

doktersehat-cara-atasi-sakit-gigi

Pakar kesehatan gigi drg. Diono Susilo, MPH., yang merupakan sekjen PB PDGI menyebutkan bahwa hal pertama yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah gigi berlubang adalah dengan memeriksakannya ke dokter gigi. Dengan melakukannya, kita pun akan mengetahui seberapa parah masalah kesehatan ini. Jika memang masih bisa ditambal, maka ada baiknya kita segera menambalnya agar kerusakan pada gigi ini tidak akan mempengaruhi gigi lain dan organ-organ tubuh lainnya.

Selain karena kebiasaan mengkonsumsi camilan yang manis-manis, ada banyak kebiasaan lain yang membuat kita cenderung rentan terkena masalah kesehatan gigi. Sebagai contoh, kita kerap mengkonsumsi kuah cuka pada pempek Palembang dalam jumlah yang banyak. Selain itu, kebiasaan mengkonsumsi makanan panas seperti bakso yang kemudian dilanjutkan dengan minuman dingin seperti es teh juga akan merusak gigi.

Untuk mencegah kerusakan gigi, pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin membersihkan gigi secara teratur, khususnya setelah makan dan sebelum tidur. Selain itu, pastikan untuk melakukan pemeriksaaan rutin pada dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali sehingga kita bisa mengantisipasi perkembangan karang gigi atau gejala dari masalah gigi berlubang lainnya.