Gigi Berlubang Akibat Anak Hobi Ngedot

DokterSehat.Com – Anak kecil, khususnya yang berusia balita memang memiliki kecenderungan untuk mengalami masalah pada gigi. Selain adanya karies gigi, anak-anak juga beresiko mengalami masalah gigi berlubang. Resiko ini terjadi karena anak-anak banyak yang menyukai makanan manis namun pada usia-usia tersebut, anak memiliki kecenderungan untuk tidak menyikat giginya secara rutin dan bahkan hal ini kerap dibiarkan oleh orang tuanya! Pakar kesehatan Oktri Manessa sendiri menyebutkan jika gigi susu anak memang cenderung lebih mudah berlubang dan mengalami kerusakan lain, khususnya jika dibandingkan dengan gigi permanen saat dewasa nanti.

doktersehat-bayi-rambut-rontok-tidak-boleh-minum-air-putih-bawah-enam-bulan

Gigi susu pada anak-anak, memang cenderung lebih kecil dan lebih tipis jika dibandingkan dengan gigi permanen. Hal ini berarti, banyaknya sisa makanan manis, apalagi jika ditambah dengan kebiasaan mengedot terlalu lama, akan sangat mudah memicu kerusakan pada gigi. Padahal, banyak orang tua yang cenderung membiarkan anaknya ngedot dalam waktu lama, bahkan hingga tertidur pulas dengan alasan agar anak segera tidur dan tidak kembali rewel. Padahal, dalam dunia medis sendiri terdapat masalah gigi berlubang yang disebabkan karena penggunaan dot terlalu lama yang disebut dengan nursing bottle caries.

Saat anak mengedot susu formula melalui dot, maka susu ini akan cenderung menggenangi mulut dan gigi saat anak sudah tertidur pulas. Dengan adanya genangan yang berlangsung terlalu lama ini, maka maka area gigi atas yang tidak terlindungi oleh lidah akan beresiko mengalami geripis atau berlubang. Susu formula sendiri memiliki banyak kandungan gula sehingga akan memicu semakin banyaknya bakteri yang aktif untuk merusak lapisan gigi susu.

Dengan adanya fakta ini, ada baiknya kita tidak membiarkan anak mengedot dalam waktu lama, apalagi hingga Ia tertidur pulas dengan dot yang ada pada mulutnya. Orang tua juga harus mengubah pola pikir dimana anak boleh dibiarkan tidak menyikat giginya karena giginya bisa berganti dengan yang baru. Ajarilah anak untuk rajin membersihkan giginya agar kesehatan giginya terjaga dan tidak mudah terkena masalah gigi berlubang, karies, atau geripis.