Giant Cell Arteritis Peradangan Lapisan Arteri

DokterSehat.Com – Giant Cell Arteritis (GCA) adalah suatu peradangan pada lapisan arteri pembuluh darah yang membawa darah yang kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh. Paling sering, peradangan mempengaruhi arteri di kepala. Untuk alasan ini, arteritis sel raksasa kadang-kadang disebut atau temporal arteritis.



GCA yang sering menyebabkan sakit kepala, rahang sakit, dan penglihatan kabur atau ganda. Blindness and, less often, stroke are the most serious complications of giant cell arteritis. Kebutaan dan, kurang sering, stroke adalah komplikasi yang paling serius arteritis sel raksasa.

Gejala

Gejala yang paling umum GCA adalah nyeri kepala. Beberapa orang, bagaimanapun, mempunyai rasa sakit di bagian depan kepala. Tanda dan gejala arteritis sel raksasa dapat bervariasi. Bagi sebagian orang, awal kondisi terasa seperti flu dengan nyeri otot (myalgia), demam dan kelelahan, serta sakit kepala.

Umumnya, tanda-tanda dan gejala arteritis sel raksasa meliputi :

  • Terus-menerus sakit kepala dan nyeri.
  • Penurunan ketajaman visual atau penglihatan ganda.
  • Kelembutan kulit kepala mungkin sakit untuk menyisir rambut atau bahkan untuk meletakkan kepala di atas bantal.
  • Sakit rahang (rahang klaudikasio) ketika mengunyah.
  • Sakit dan kekakuan pada leher, lengan atau pinggul biasanya memburuk di pagi hari sebelum keluar dari tempat tidur.
  • Tiba-tiba kehilangan penglihatan permanen dalam satu mata.

Perawatan

Perawatan untuk GCA terdiri dari dosis tinggi obat kortikosteroid seperti prednison. Karena pengobatan langsung diperlukan untuk mencegah kehilangan penglihatan, dokter anda kemungkinan untuk memulai pengobatan bahkan sebelum meneguhkannya dengan biopsi.