Gerimis Bisa Membuat Kepala Pusing, Mitos atau Fakta?

DokterSehat.Com– Kita tentu kerap mendengar saran dari orang tua yang meminta kita untuk tidak keluar rumah saat hujan gerimis. Air tetesan gerimis disebut-sebut bisa membuat kepala kita pusing dan lebih berbahaya jika dibandingkan dengan air hujan deras. Sebenarnya, apakah hal ini memang benar secara medis?

doktersehat-pusing-kepala-vertigo-berputar

Pakar kesehatan dr. Kartika Mayasari menyebutkan bahwa anggapan air hujan gerimis bisa berbahaya bagi kesehatan dan menyebabkan kepala pusing ternyata hanyalah mitos belaka. Menurut beliau, telah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa air hujan bukan penyebab penyakit seperti pusing, batuk, flu, demam, dan penyakit lainnya. Jika kita jatuh sakit setelah kehujanan, seringkali hal tersebut disebabkan oleh tubuh yang kurang fit atau sistem kekebalan tubuh yang menurun.

Menurut dr. Kartika, penyakit yang kerap muncul pada musim hujan seringkali disebabkan oleh bakteri dan virus. Hanya saja, seringkali kita kurang baik dalam menjaga kesehatan tubuh sehingga lebih mudah terkena bakteri atau virus yang menyebabkan penyakit.

Sebenarnya, tidak hanya di musim hujan saja kita bisa terkena penyakit seperti flu, batuk atau kepala pusing, di musim kemarau juga kita bisa mengalami hal yang sama, apalagi jika kita memang cenderung kurang baik dalam menjaga kesehatan tubuh dan menerapkan gaya hidup tidak sehat. Dr. Kartika menyarankan kita untuk lebih baik dalam menjaga pola makan tetap sehat, rutin berolahraga, dan tidur dengan cukup agar tubuh tetap sehat, bugar, dan tidak mudah jatuh sakit.