Gerakan Sholat Terbukti Secara Ilmiah Mampu Meredakan Nyeri Pinggang

DokterSehat.Com – Sholat adalah salah satu cara berdoa yang dilakukan secara rutin oleh para pemeluk agama Islam. Menurut pakar kesehatan, gerakan sholat yang mencakup rukuk atau menunduk dan juga sujud ini ternyata bisa memberian manfaat bagi kesehatan andai dilakukan dengan benar. Bahkan, sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa gerakan sholat ini mampu mengatasi masalah nyeri pinggang.



Pakar kesehatan dari Binghamton University berhasil mengungkapkan fakta ini setelah mempelajari statistik model digital yang berasal dari masyarakat India, Asia, dan juga Amerika. Setelah itu, mereka juga mempelajari statistik model digital pada mereka yang mengalami masalah nyeri pinggang. Hasilnya adalah, gerakan menunduk yang dilakukan dengan sudut lutut dan punggung yang baik layaknya saat melakukan gerakan sholat ternyata bisa menurunkan nyeri pada pinggang dengan signifikan. Sebagai informasi, posisi menunduk sebenarnya adalah postur tubuh dimana punggung bawah akan menopang beban yang paling berat, namun, dengan posisi yang tepat, hal ini justru baik untuk kesehatan tubuh.

Salah satu peneliti, Profesor Mohammad Khasawneh, menyebutkan jika tekanan maksimal yang terjadi saat melakukan gerakan sholat ternyata masih cukup jauh di bawah batasan aman yang ditetapkan oleh National Institute for Occupational Safety and Health atau NIOSH. Hal ini berarti, gerakan sholat memang bisa dijadikan terapi bagi penderita nyeri pinggang mengingat gerakan ini dilakukan secara rutin dan melibatkan cukup banyak gerakan tubuh.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal berjudul International Journal of Industrial and Systems Engineering ini menyebutkan jika andai gerakan sholat tidak dilakukan dengan benar, maka ada resiko penderita nyeri punggung justru merasakan sensasi yang lebih menyakitkan. Namun, jika dilakukan dengan benar, maka gerakan ini bisa memberikan efek yang setara layaknya yoga atau terapi fisik lainnya yang bisa mengatasi nyeri punggung.