Gerakan Ini Dapat Meratakan Perut Buncit Dengan Cepat

DokterSehat.Com – Masalah perut yang buncit atau tidak rata banyak dialami semua kalangan, baik itu laki – laki, perempuan, yang masih lajang ataupun yang telah menikah. Sehingga kondisi seperti ini memicu rasa kurang nyaman, serta kurang percaya diri terhadap penampilan yang mereka rancang dengan sebaik mungkin.



Oleh karena itu, untuk mengatasi penumpukan lemak yang terjadi, terutama di bagian perut, dibutuhkan olahraga tepat yang mampu membakar lemak tersebut. Sehingga terjadinya perut buncit dapat diatasi secara natural. Bahkan dalam merampingkan perut ini, tidak harus dengan melakukan olahraga berat. Namun dengan senam sederhana yang tanpa membutuhkan alat, yakni menggunakan gerakan pilates, sudah cukup ampuh sebagai penangkal akan terjadinya perut buncit yang sering membuat resah.

Berikut ini gerakan yang mampu mengecilkan perut buncit dengan cepat secara alami :

• Leg Circle
Untuk langkah yang kedua yakni Leg Circle. Dimana gerakan ini dilakukan dengan cara berbaring terlentang di atas matras, serta dengan posisi tangan anda lurus dengan tubuh. Kemudian angkatlah kaki kiri secara lurus dengan tubuh hingga membentuk layaknya sudut 90 derajat dari bagian pangkal paha. Sementara bagian kaki kanan tetap lurus di lantai. Namun bilamana anda merasa kesulitan dengan gerakan ini, maka anda bisa menekukkan kaki kanan, akan tetapi telapak kaki tetap lurus menghadap ke lantai.

Selanjutnya, masih dalam posisi kaki terangkat, kemudian gerakanlah kaki kiri searah jarum jam sebanyak 6 kali. Kemudian ulangi gerakan tersebut dengan memutarkan kaki kiri berlawanan arah jarum jam sebanyak 6 kali pula. Usahakan kondisi tubuh tidak ikut bergoyang dan gunakanlah perut sebagai tumpuan. Bila sudah, maka lakukanlah sekali lagi dengan menggunakan kaki kanan anda.

• Toe Dip
Langkah pertama yang dilakukan dari gerakan pilates yaitu Toe Dip. Yang mana gerakan ini dimulai dengan berbaring di atas matras dengan memposisikan kaki atau mengangkat kedua kaki dengan cara ditekuk. Layaknya membentuk sudut 90 derajat, dan posisi tangan lurus berada di samping badan. Sealanjutnya turunkan kaki kiri secara perlahan, namun tidak sampai menyentuh dasar lantai dengan memposisikan telapak kaki lurus menghadap ke lantai.

Hendaknya anda bisa melakukan gerakan ini dengan menggunakan dua hitungan, dibarengi dengan menarik nafas. Caranya, hembuskanlah nafas, kemudian angkat kembali ke posisi gerakan awal dalam dua hitungan. Selanjutnya turunkan kaki kiri, dan menarik nafas kembali secara berulang hingga 12 kali melakukan gerakan ini.

Baca Juga:  Mengenal Olahraga Statis yang Disebut Sebagai Olahraga Isometrik

• Crisscross
Gerakan yang ketiga yakni Crisscross. Dan untuk melakukan gerakan ini, usahakan posisikan tubuh seperti melakukan gerakan Toe Dip ( gerakan pertama ). Namun posisi kedua tangan berada di belakang kepala sebagai tumpuan. Lalu angkatlah kapala dengan tangan sebagai tumpuannya, kemudian arahkan ke samping kanan beserta leher bergerak ke kanan, sementara bahu yang sebelah kanan tetap bersandar ke lantai. Selanjutnya arahkan kaki kiri ke atas seperti garis diagonal. Kemudian keluarkan nafas sambil memutar balik ke kiri. Dan ulangi gerakan ini sebanyak 6 kali.

• Back Extension With Rotation
Gerakan yang keempat ini memang terkadang agak terasa sulit. Namun bila sudah terbiasa akan bisa lebih mudah untuk dilakukan. Caranya yakni, ambil posisi tubuh tengkurap dengan dahi menghadap ke punggung tangan, kemudian telapak tangan menghadap ke lantai atau matras. Sementara posisi tubuh dalam keadaan lurus, lalu perlahan bukalah kaki selebar bahu, kemudian angkatlah kepala, bahu, dan dada. Selanjutnya putar bagian tubuh ke arah samping kemudian kembali lagi ke tengah. Lalu putarlah ke arah yang lain dan kembali lagi secara berulang sebanyak 6 kali gerakan.

• Side Bend
Merupakan gerakan terakhir, yakni cukup dikenal dengan sebutan Side Bend. Untuk melakukan gerakan ini, terlebih dahulu tubuh dalam posisi terduduk di atas matras dengan menggunakan paha sebagai tumpuannya. Kemudian kaki kiri ditekuk ke arah dalam, dan tangan kiri sebagai tumpuan ke matras dalam posisi lurus. Selanjutnya tekuk kaki sebelah kanan ke arah atas, Dan telapak kaki tetap dalam posisi lurus menghadap ke lantai hingga posisi lutut menghadap ke atas.

Selanjutnya mulai bentangkanlah tangan kanan lurus di atas lutut kaki kanan. Kemudian tarik bagian perut anda ke dalam dengan bertumpu pada tangan kiri, Sambil mengangkat paha bagian kiri. Lalu luruskanlah bagian kaki kanan, dan bentangkanlah tangan kanan ke atas kepala. Tahanlah kurang lebih 20 sampai 30 detik, Dan ulangi gerakan tadi pada sisi lainnya

Nah, Semoga dengan melakukan tips tersebut secara rutin, maka anda akan segera mendapatkan perubahan perut yang awalnya buncit, akan menjadi rata atau langsing.

BACA JUGA : Kandungan Hampir 40 Minggu, Kenapa Masih Belum Ada Tandda-tanda Persalinan?