Gemar Kunyah Es Batu Tanda Anemia?

DokterSehat.com – Pada umumnya orang sudah banyak yang mengerti bahwa rasa letih dan lemah merupakan gejala umum adanya anemia. Namun, baru-baru ini ditemukan fakta baru mengenai tanda lain sebagai indikasi bahwa tubuh sedang dalam kondisi kekurangan zat besi, yakni pagophagia. Apa itu pagophagia?



Pagophagia merupakan keinginan tak terkendali dalam diri seseorang untuk mengkonsumsi es batu. Sejauh ini para pakar memang belum menemukan korelasi pasti antara keinginan untuk mengunyah es batu dengan gejala kurang darah. Akan tetapi, es batu diduga dapat mengatasi peradangan pada mulut sebagai akibat kekurangan asupan zat besi.

Pada kasus yang terbilang ‘ekstrim’, orang-orang yang belum terdiagnosis pagophagia dan anemia seringkali membawa es batu kemanapun mereka pergi. Kebiasaan aneh terebut pada umumnya baru dapat dihentikan setelah penderita melakukan terapi suplemen zat besi.

Sebuah riset menunjukkan bahwa kecanduan es batu, baik dikunyah maupun diminum adalah efek samping dari tindakan operasi penurunan berat badan. Operasi penurunan berat badan diketahui mengakibatkan tubuh mengalami kekurangan asupan vitamin B12 dan zat besi.

Sementara teori lain menyebutkan bahwa penderita anemia cenderung memiliki kondisi tubuh yang lebih panas karena adanya penurunan volume darah. Hal inilah yang menyebabkan seseorang tanpa sadar memburu sesuatu yang bersifat dingin seperti es batu.