Gejala Yang Muncul Saat Ginjal Kita Bermasalah

DokterSehat.Com – Banyak orang yang cenderung menyepelekan gejala dari penyakit ginjal. Hal ini dikarenakan penyakit ini cenderung memberikan gejala yang mirip dengan penyakit lain, khususnya yang berada di area perut. Padahal, jika gejala-gejala ini dibiarkan begitu saja, tentu saja ginjal bisa mengalami kerusakan yang jauh lebih parah dan bisa mempengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Lantas, apa sajakah gejala-gejala yang akan muncul saat ginjal kita bermasalah?

doktersehat-gagal-ginjal-akut-penyakit-Hidronefrosis-kanker

Gejala pertama yang akan dirasakan oleh tubuh saat ginjal bermasalah adalah adanya perubahan pada pola buang air kecil kita. Sebagaimana kita ketahui, salah satu fungsi ginjal adalah memproduksi urine yang akan dibuang melalui organ vital kita sehingga jika ginjal bermasalah, maka kita pun akan lebih sering buang air kecil di malam hari, terlebih di waktu tidur. Namun, ada kasus lain dimana seseorang justru semakin jarang buang air kecil. Hanya saja, air seni dikeluarkan pun akan lebih berbusa dari biasanya.

Karena ginjal terganggu, maka fungsi utamanya sebagai penyaring pun akan semakin menurun sehingga tubuh pun akan mengalami kondisi kelebihan cairan. Hal ini akan memicu pembengkakan pada beberapa bagian tubuh layaknya kaki dan tangan, khususnya di bagian telapak, hingga bagian wajah. Selain itu, karena fungsinya untuk membuang sisa metabolisme dan berbagai racun semakin menurun, maka akan ada banyak sekali zat sisa dan racun yang membuat kulit terasa gatal-gatal dan muncul ruam-ruam.

Kerusakan pada organ ginjal juga akan memicu tubuh yang semakin mudah lelah dan nafas menjadi lebih berat. Hal ini dikarenakan area paru-paru mengalami kelebihan cairan. Selain itu, karena ginjal juga rusak, maka fungsinya yang bisa memproduksi hormon erythropoietin (EPO) yang bertugas untuk membuat sel darah merah membawa oksigen ke berbagai penjuru tubuh pun mengalami penurunan. Semakin sedikitnya kandungan EPO dalam tubuh akan membuat otot-otot dan otak menjadi lebih mudah lelah sepanjang hari.

Baca Juga:  Pingin Kuat Ingatan? Cium Mawar..

Jika kita mengalami gejala-gejala ini, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kesehatan tubuh ke dokter sehingga kita bisa mendapatkan saran ataupun penanganan yang medis yang tepat agar ginjal kita bisa berfungsi sebagaimana sedia kala.