Gejala, Tanda Dan Pengobatan Infeksi Telinga Bagian Tengah

DokterSehat.Com – Telinga merupakan sebuah organ yang mampu mendeteksi atau mengenal suara dan juga banyak berperan dalam keseimbangan dan posisi tubuh. Telinga pada hewan vertebrata memiliki dasar yang sama dari ikan sampai manusia, dengan beberapa variasi sesuai dengan fungsi dan spesies.



Ketika ada masalah dengan organ panca indra yang satu ini, tentunya akan menggaggu fungsinya untuk bisa mendengar suara. Banyak masalah medis yang bisa saja terjadi dengan telinga kita. Kali ini, akan dibahas masalah infeksi telinga bagian tengah. Infeksi ini menyerang bagian tengah telinga, yakni bagian belakang dari gendang telinga Anda. Infeksi bisa terjadi apabila terdapat kuman yang berasal dari hidung dan tenggorokan terjebak di bagian dalam telinga. Bagain dalam telinga dan tenggorokan disambungkan oleh saluran kecil yang disebut saluran tuba eustachius.

Suhu dingin mampu membuat tuba eustachius membengkak dan terjadilah sumbatan. Sumbatan tersebut dapat menjebak cairan dan membuat kuman tumbuh dan berkembang hingga menjadikan infeksi. Infeksi telinga rentan terjadi pada anak-anak. Hal ini disebabkan oleh saluran yang kecil dan mudah sekali untuk terjadi penyumbatan.

Gejala dan tanda

Gejala utama dari masalah infeksi telinga bagian tengah ini adalah sakit telinga. Pada bayi atau anak-anak mungkin terjadi demam, mereka rewel dan menarik-narik kuping mereka karena perasaan sakit atau tidak nyaman pada kupingnya. Infeksi bisa menyebabkan pecahnya gendang telinga. Jika gendang telinga pecah maka akan keluar cairan kental berwarna kuning. Hal ini tidak terlalu serius, sakit biasanya menghilang dan gendang telinga sembuh dengan sendirinya.

Penumpukan cairan akibat dari penyumbatan tuba, tetapi tidak infeksi menyebabkan terasa ada penyumbatan. Pendengaran biasanya kembali normal setelah cairan menghilang. Mungkin butuh waktu lebih dari dua minggu supaya cairan tersebut hilang dengan sendirinya.

Baca Juga:  Penyebab Alzheimer

Diagnosis

Cara terbaik untuk mengatasi dalam waktu yang singkat adalah dengan mengobati masalah tersebut di dokter THT. Untuk melakukan diagnosa, dokter akan memasukan sebuah alat khusus yang dilengkapi dengan cahaya untuk dimasukan ke dalam telinga untuk melihat apakah ada cairan yang terjebak di belakang gendang telinga. Sebaiknya Anda tidak melakukan hal gegabah sendiri di rumah dengan memasukan korek kuping dan sejenisnya. Lebih baik dilakukan pemeriksaan oleh dokter yang memang sudah mengenyam disiplin ilmu tentang masalah medis yang sedang Anda hadapi.

Pengobatan

Meskipun kebanyakan kasus infeksi telinga sembuh dengan sendirinya, tetapi sebaiknya memang Anda melakukan pemeriksaan dan pengobatan ke dokter THT. Untuk anak-anak dibawah 2 tahun, Anda bisa memberikan pereda rasa sakit yang diberikan oleh dokter, seperti acetaminophen. Selain itu, Anda bisa mengompres telinga anak Anda dengan kain lap hangat atau bantal pemanas khusus. Dokter juga mungkin akan memberikan obat tetes telinga yang bisa Anda teteskan pada telinga anak Anda yang didiagnosa mempunyai infeksi. Tetes telinga tersebut biasanya mempunyai fungsi untuk meredakan sakit.