Penyakit Parkinson – Gejala

Empat gejala utama Parkinson adalah:

doktersehat-myotonic-dystrophy-parkinson

  • Tremor, yang berarti bergetar atau gemetar. Tremor dapat mempengaruhi tangan Anda, lengan, atau kaki.
  • Otot kaku, termasuk otot wajah, sehingga sulit berekspresi.
  • Gerakan lambat.
  • Masalah dengan keseimbangan atau berjalan.

Tremor mungkin gejala pertama yang Anda perhatikan. Ini salah satu tanda yang paling umum dari penyakit ini, meskipun tidak semua orang memilikinya. Lebih penting lagi, tidak semua orang dengan gemetar memiliki penyakit Parkinson. Tremor sering dimulai hanya dalam satu lengan atau kaki atau hanya pada satu sisi tubuh. Ini mungkin lebih buruk ketika Anda terjaga tetapi jangan menggerakkan lengan atau kaki yang terkena. Tremor akan membaik ketika Anda istirahat atau Anda tertidur.

Seiring berjalannya waktu, Parkinson mempengaruhi otot-otot semua melalui tubuh Anda, sehingga dapat menyebabkan masalah seperti kesulitan menelan atau sembelit. Pada tahap akhir dari penyakit, orang dengan Parkinson mungkin memiliki masalah ekspresi kosong, berbicara, akibat kesuiltan menggerakkan otot wajah, dan masalah lainnya. Beberapa orang juga kehilangan kemampuan mental (demensia).

Orang biasanya mulai memiliki gejala antara usia 50–60 tahun. Tapi kadang-kadang gejala mulai lebih awal.

Pemeriksaan oleh dokter dan Penegakan Diagnosis
Dokter Anda akan mengajukan pertanyaan tentang gejala-gejala Anda dan kesehatan masa lalu Anda dan akan melakukan pemeriksaan neurologis (pemeriksaan saraf). Pemeriksaan ini meliputi pertanyaan dan tes yang menunjukkan seberapa baik saraf Anda bekerja. Misalnya, dokter akan melihat bagaimana Anda bergerak, berjalan, berekspresi memeriksa kekuatan otot dan refleks, dan memeriksa pandangan Anda.

Dokter Anda juga akan bertanya tentang suasana hati Anda.

Dalam beberapa kasus, dokter Anda akan menyuruh Anda mencoba suatu obat. Bagaimana obat ini bekerja dapat membantu dokter Anda tahu jika Anda memiliki penyakit Parkinson.

Baca Juga:  Mimisan - Definisi dan Klasifikasi

Tidak ada pemeriksaan laboratorium atau tes darah yang dapat membantu dokter Anda mengetahui apakah Anda memiliki Parkinson. Tapi Anda mungkin harus menjalani tes untuk membantu dokter mengeliminasi kemungkinan penyakit lain yang dapat menyebabkan gejala serupa. Misalnya, Anda dapat disarankan untuk melakukan pemeriksaan MRI untuk mencari tanda-tanda stroke atau tumor otak.