Gejala Penyakit Mata Yang Tidak Bisa Diabaikan

DokterSehat.Com – Beberapa gejala sakit mata pada umumnya dapat kita lihat dengan kasat mata dari penderita sakit mata berupa mata terdapat memerah namun berdasarkan jenisnya penyakit mata terbagi dalam beberapa macam,namun sebelumnya kita harus mengetahui pengertian dari sakit mata yaitu dimana kondisi atau keadaan dari mata atau indera penglihatan mengalami gangguan dalam memerankan fungsinya sebagai indera penglihatan yang disebabkan oleh tidak optimalnya kinerja dari mata.

11

Berikut ini gejala mata yang tidak boleh diabaikan :

1. Nyeri pada mata
Kebanyakan penyakit mata memang menimbulkan rasa sakit, namun beberapa kondisi mata, apalagi cedera, bisa menimbulkan sakit mata yang parah. Nyeri mata dapat menjadi gejala adanya glaukoma, mata kering, cedera mata, kornea tergores, atau bahkan kanker mata.

2. Terdapat bayangan garis atau cacing abu-abu pada pandangan
Gejala seperti melihat garis tidak simetris atau seperti cacing, berwarna putih keabu-abuan serta mata yang menjadi sensitif terhadap sinar matahari atau cahaya yang terang adalah ciri umum dari adanya gangguan mata floater, yaitu keadaan mata menua yang ditandai dengan adanya remah di dalam badan bening sehingga mengganggu penglihatan.

3. Mata merah
Hati-hati jika mata Anda merah, apalagi merasa agak gatal. Jika satu atau kedua mata merah, segera periksakan ke dokter, karena mungkin saja konjungtivitis. Penyakit mata ini bisa menular dengan cepat, sehingga sangat perlu diobati sesegera mungkin. Jangan sampai menunggu ada nanah keluar dari mata, Ladies.

4. Penglihatan kabur
Penglihatan kabur bisa merupakan gejala penyakit mata yang bermacam-macam. Bisa saja Anda merasa penglihatan kabur pada satu sisi mata saja, atau hilang dan datang lagi. Ini bisa berupa tanda glaukoma, uveitis, retina robek, atau AMD atau degenerasi makula. Kehilangan penglihatan pada salah satu mata mungkin merupakan gejala awal stroke atau arteri karotis.

Baca Juga:  Mengenal Bintik Merah Pada Mata Atau Pterygium

Jadi, jika Anda merasa ada yang aneh dengan penglihatan Anda, terutama mengalami gejala di atas, maka segera datang dan periksa ke dokter ya Ladies.