Penyakit Jantung – Gejala yang Tidak Tampak (Kecemasan dan Ketidaknyamanan Dada)

DokterSehat.Com– Penyakit jantung adalah penyebab utama kematian di Amerika Serikat – 1 dalam setiap 4 kematian adalah dikarenakan penyakit jantung.

doktersehat-serangan-jantung-heart-attack

Nyeri dada yang parah mungkin merupakan tanda sesuatu yang jelas salah. Tapi penyakit jantung dapat mematikan karena banyak orang tidak mengenali beberapa tanda-tanda awal dan gejala dan mereka tidak mencari pengobatan sampai mungkin terlalu terlambat untuk ditangani.

Gejala jantung mungkin tidak selalu tampak jelas sehingga seseorang akan mengabaikannya padahal itu justru tanda-tanda peringatan untuk penyakit jantung. Beberapa tanda-tanda peringatan agar jangan diabaikan meliputi: sesak napas, nyeri ulu hati, nyeri otot, cegukan yang menyakitkan, nyeri leher atau punggung bagian atas, atau gejala lain yang nanti akan dibahas. Orang dengan penyakit jantung memiliki faktor risiko yang signifikan seperti orang yang berusia di atas usia 65 tahun, riwayat keluarga dengan penyakit jantung, obesitas, perokok, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, atau diabetes harus memiliki perhatian ekstra untuk setiap gejala jantung yang mungkin terjadi.

Faktor risiko penyakit jantung
Penting untuk memperhatikan gejala yang mungkin mengindikasikan penyakit jantung. Jangan mengabaikan gejala atau menunggu gejala reda – segera kunjungi dokter Anda untuk pemeriksaan dan diagnosis. Banyak orang-orang mengira gejala penyakit jantung hanyalah sakit maag atau nyeri otot. Jika Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung, termasuk laki-laki, usia Anda di atas usia 65 tahun, memiliki kolesterol tinggi atau tekanan darah tinggi, obesitas, perokok, diabetes, atau memiliki riwayat keluarga penyakit jantung Anda perlu lebih memperhatikan apakah ada penyakit jantung pada diri Anda.

Kecemasan
Salah satu gejala dari serangan jantung yang akan datang bisa menjadi kecemasan yang ekstrim. Anda dapat merasa seolah-olah Anda mengalami serangan panik dan mengalami sesak napas, palpitasi, nyeri dada, dan pusing. Jika Anda mengalami gejala-gejala tersebut segera kunjungi UGD.

Baca Juga:  Suka Marah-Marah Ternyata Memang Benar Bisa Meningkatkan Resiko Penyakit Jantung

Ketidaknyamanan dada
Nyeri dada merupakan gejala khas untuk serangan jantung, namun, hanya sekitar setengah jumlah pasien wanita mengaku bahwa serangan jantung diawali dengan nyeri dada. Kenyataannya, nyeri dada dapat merupakan hasil dari kondisi lain yang tidak terkait dengan jantung. Ketika nyeri dada terkait jantung, biasanya nyeri dada itu terjadi di bawah tulang dada, sedikit ke kiri dari tengah. Dada tidak harus melulu merasa nyeri, namun dapat berupa ketidaknyamanan, tekanan yang ekstrim di dada, atau serasa diremas, atau rasa penuh. Pasien wanita dapat mengalami sakit yang ringan atau hanya sensasi terbakar.

Penyakit Jantung (Gejala yang Tidak Tampak) – Halaman Selanjutnya: 1 2 3