Gejala Penyakit HIV Atau AIDS

Dokter Sehat – Hingga saat ini Human Immunodeficiency Virus atau yang kita kenal dengan HIV masih menjadi penyakit mematikan dan belum ditemukan obat untuk menyembuhkannya, secara umum sulit sekali membedakan gejala infeksi virus HIV dengan penyakit lain. Bahkan pada beberapa kasus, keterlambatan diagnosa penyakit HIV bisa berujung pada kematian.

15

Virus HIV ditularkan melalui cairan tubuh seperti sperma, cairan vagina, atau transfusi darah. Virus ini hanya memerlukan waktu maksimal dua bulan sebelum masuk ke dalam tubuh dan menggerogoti sistem pertahanan tubuh, sekitar 40-90 persen orang yang terpapar virus HIV pada awalnya akan mengalami gejala seperti flu yang dikenal dengan Acute Retroviral Syndrome yang disingkat dengan ARS. Namun terkadang gejala HIV tidak dapat terdeteksi bahkan hingga beberapa tahun ke depan pasca terinfeksi virus HIV.

Gejala awal infeksi HIV :

1. Berat badan menurun secara drastis
Jika ada perubahan berat badan yang mendadak, maka lebih baik Anda waspada. Biasanya ada penurunan berat badan yang sangat drastis dan cepat, yang merupakan tanda penyakit sedang berlanjut menggerogoti tubuh dan menyerang sistem kekebalan tubuh.

2. Batuk terus menerus
Batuk kering yang terus menerus, bisa jadi salah satu tanda penyakit HIV. Sebenarnya batuk seperti ini juga bisa disebabkan oleh alergi, namun batuk alergi lebih cepat sembuh. Sedangkan batuk karena HIV atau AIDS menyerang dalam waktu yang lama dan semakin lama makin parah.

3. Terlihat dari kuku
Kuku dapat menunjukkan apakah Anda sedang sehat atau tidak, ketika kuku Anda mudah patah dan berubah warna, ini menjadi salah satu indikasi bahwa Anda butuh diperiksa lebih lanjut.

4. Sering cemas
Anda akan mulai merasakan kecemasan yang tidak jelas, kecemasan ini merupakan tanda lanjutan bahwa infeksi dari virus HIV ini menyerang.

Baca Juga:  Waspadai, Pembengkakan Kelenjar Ludah!

5. Nyeri dadakan
Apakah Anda sering merasakan nyeri dadakan pada tubuh atau otot? Hal ini merupakan salah satu tanda awal bahwa virus HIV sedang menginfeksi tubuh Anda.

6. Sering sakit kepala
Sakit kepala setiap hari tanpa ada penyebab yang jelas, sebenarnya gejala yang satu ini bisa beragam penyebabnya. Tetapi sebaiknya Anda tetap waspada dan segera memeriksakan diri saja, apakah Anda terinfeksi virus HIV.