Gejala Penyakit Campak (Tampek)

DokterSehat.Com– Waspadalah terhadap penyakit tampek, virusnya dapat menular dengan cepat dan menginfeksi tubuh sehingga terjadi demam tinggi dan muncul bercak- bercak merah di seluruh tubuh. Penyakit tampek sering juga disebut dengan penyakit campak, virus yang menyebabkan seseorang tertular penyakit tampek atau campak ini bernama virus morbili. Orang-orang yang daya tahan tubuhnya sedang menurun sangat mudah tertular virus ini, siapapun berisiko mengalami penyakit tampek atau campak ini dan yang paling mengkhawatirkan jika penyakit tampek atau campak sampai menulari wanita yang sedang hamil karena berisiko mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin di rahimnya sehingga terlahir cacat.

doktersehat-cacarair-cacar-air-varicella-campak-Henoch-Schonlein-Purpura-HSP

Penyakit tampek atau campak ini berisiko besar diderita oleh balita dan anak- anak karena daya tahan tubuhnya masih belum terbentuk sempurna sehingga mudah terinfeksi virus penyebab penyakit tampek atau campak ini, pada orang dewasa virus ini cukup kebal, namun ketika tubuh dalam kondisi kelelahan dan daya tahan tubuh menurun risiko mengalami penyakit tampek atau campak pada orang dewasa pun juga sangat besar, bahkan seringkali rasa sakitnya semakin menjadi-jadi jika yang mengalaminya adalah orang dewasa. Proses penularan penyakit tampek atau campak ini sangatlah cepat, virus menularl ke tubuh orang lain melalui beberapa cara, seperti melalui kontak langsung dengan penderita penyakit tampek, melalui percikan air liur ketika penderita penyakit tampek batuk atau bersin, dan karena menggunakan peralatan makan bersama.

Kenali gejala sejak dini agar dapat mempercepat proses penyembuhan penyakit tampek ini, gejala- gejala yang sering dirasakan oleh penderita penyakit tampek, antara lain seperti demam tinggi, mulut dan bibir kering, radang tenggorokan, sakit kepala, perut terasa perih dan mual, muncul bercak- bercak merah di mulai dari bagian wajah kemudian menyebar ke seluruh tubuh.

Baca Juga:  Kenali Cytomegalovirus

Asam folat diperlukan karena berperan penting dalam pertumbuhan jaringan tubuh bahkan juga untuk memperbaik jaringan yang telah rusak. Omega 3 diperlukan untuk menjaga kesehatan mata dan kulit, untuk penderita alergi, membantu meningkatkan daya ingat dan kecerdasan otak, dan membantu mengurangi depresi karena dapat meningkatkan efektivitas pengobatan karena memengaruhi otak dengan cara berbeda dari antidepresan. Zinc dipelukan karena kemampuannya untuk imunitas yang berarti dapat mmpertahankan sistem kekebalan tubuh agar selalu produktif dan sesuai dengan tugasnya.