Gejala Penyakit Batu Ginjal

Doktersehat.com – Banyak sekali warga di Indonesia yang mengalami penyakit batu ginjal. Batu ginjal atau juga dapat disebut dengan nama latin renal lithiasis berupa gumpalan kecil namun keras seakan-akan membantu yang terbentuk dalam ginjal anda. Biasanya, batu ginjal terjadi karena adanya konsentrasi urine, dan kemudian terdapat mineral yang mengkristal dan menggumpal, dan ditambah dengan asam garam, terbentuklah batu ginjal.

5

Gejala awal dari penyakit ini dapat dirasakan dari sisi tubuh atau punggung pada bagian bawah pinggul hingga perut bagian bawah dan pangkal paha. Rasa nyeri ini dapat bergeser sesuai dengan pergerakan dari batu ginjal tersebut pada saluran kencing. Meskipun biasanya tidak membuat kerusakan permanen, namun, tetap saja batu ginjal akan membuat penderitanya akan merasa tersiksa sehingga tetap perlu diberikan pengobatan. Disamping itu, adanya resiko penyakit ini membuat kita harus rajin-rajin mengkonsumsi air putih agar ginjal kita tetap berjalan dengan normal dan dapat mencegah maupun menjadi bagian pengobatan dari batu ginjal.

Namun, terkadang, gejala awal dari batu ginjal sendiri tidak begitu dirasakan oleh penderitanya. Hal ini biasanya dikarenakan karena tanda-tanda batu ginjal baru dapat dirasakan saat batu ginjal tersebut turun ke saluran ureter, saluran yang menyambung organ ginjal dan kandung kemih. Rasa ini dapat berpindah, meskipun tetap saja gejala ini dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

  • Terdapatnya rasa nyeri yang cukup menyakitkan di bagian sisi tubuh, punggung, yakni sekitar area bawah pinggul.
  • Nyeri ini dapat menyebar hingga ke bagian bawah tubuh hingga pangkal paha.
  • Saat buang air kecil juga merasakan rasa nyeri.
  • Air kencing berwarna merah muda, merah, hingga cokelat.
  • Sering merasa mual dan muntah.
  • Sering ingin buang air kecil
  • Jika sampai tahap infeksi, biasanya dapat menyebabkan penderitanya mengalami demam dan menggigil
Baca Juga:  Rokok Mentol Lebih Berbahaya Dari Rokok Biasa

Jika anda merasakan gejala-gejala sebagaimana tertulis di atas, ada baiknya anda mulai mengecek kondisi kesehatan ginjal anda agar dapat diberikan penanganan dengan lebih dini dan sekaligus mencegah efek yang lebih buruk dari penyakit ini.