Gejala Penyakit Alzheimer Ini Harus Kita Waspadai

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang cukup ditakuti oleh para lansia adalah Alzheimer atau yang kerap kita sebut sebagai pikun. Memang, Alzheimer berkaitan erat denga menurunnya daya ingat para lansia. Namun, penyakit ini bisa sangatlah parah mengingat penderitanya bisa lupa segalanya layaknya lupa dimana Ia baru saja meletakkan barang, lupa dengan apa saja yang baru Ia lakukan, hingga melupakan nama-nama atau bahkan tidak lagi mengenal anggot keluarganya.

doktersehat-couple-orang-tua-alzheimer-jalan-sehat

Banyak penelitian yang dilakukan pada penyakit ini, termasuk yang terbaru yang dilakukan oleh Northwestern Cognitive Neurology and Alzheimer Disease Center University yang menemukan fakta bahwa ada beberapa gejala penyakit Alzheimer yang sebaiknya kita waspadai semenjak usia seseorang dewasa. Apa sajakah gejala-gejala dari penyakit tersebut?

Masalah Baca Tulis
Meskipun terlihat sepele, dalam realitanya ada sebagian orang yang mengalami masalah dalam membaca dan menulis dan hal ini terkait dengan penyakit Alzheimer. Biasanya, mereka akan kesulitan untuk mencerna tulisan yang ada dalam sebuah paragraf yang cukup panjang dan tak hanya itu, ada pula yang kesulitan untuk menulis sebuah kalimat atau bahkan tanda tangan.

Kesulitan Berbahasa
Tanda-tanda dari Alzheimer yang harus diwaspadai adalah menurunnya kemampuan seseorang untuk berbahasa layaknya mengucapkan kata-kata yang sebenarnya Ia ingin lontarkan, berbicara dengan sangat lambat atau bahkan terputus-putus, dan mengalami penurunan pemilihan kosakata.

Memiliki Kepercayaan Diri yang Tinggi
Gejala awal dari Alzheimer ini cukup aneh namun sangatlah nyata. Penelitian ini menunjukkan fakta menarik dimana mereka yang akhirnya menderita Alzheimer cenderung mengalami peningkatan rasa percaya diri yang sangat signifikan dimana jika sebelumnya mereka adalah orang yang pemalu, tiba-tiba saja menjadi lebih percaya diri dan mudah akrab dengan orang-orang yang bahkan belum dikenal.