Gejala Penyakit Addison

Dokter Sehat – Gejala penyakit addison juga dikenal sebagai insufisiensi adrenal primer, adalah suatu kondisi langka yang mempengaruhi aktivitas hormon dalam tubuh. Penyakit addison terjadi ketika kelenjar adrenal tubuh tidak mampu membuat cukup hormon kortisol atau aldosteron, setiap hormon bekerja secara berbeda dan mempunyai peran penting dalam tubuh manusia. Pada hormone kortisol membantu tubuh dalam merespon stress, hal ini juga membantu menjaga tekanan darah dan gula darah, memperlambat respon peradangan sistem kekebalan tubuh, dan mengatur metabolisme protein, karbohidrat, dan lemak. Sedangkan pada hormone aldosteron berfungsi dalam menjaga tekanan darah, air, dan keseimbangan garam dalam tubuh.



Gejala penyakit addison :

  1. Kelemahan pada otot.
  2. Kelelahan.
  3. Penurunan nafsu makan.
  4. Kehilangan berat badan.
  5. Tekanan darah rendah.
  6. Gula darah rendah.
  7. Keinginan mengasup garam.
  8. Kulit gelap.
  9. Mudah marah.
  10. Depresi.
  11. Diare, mual, dan muntah.
  12. Sakit di kaki, punggung bawah, dan perut
  13. Kehilangan kesadaran
  14. Diare dan muntah parah yang menyebabkan dehidrasi.

Pengobatan gejala penyakit addison yang dilakukan biasanya melihat pada penyebabnya, bahkan jika tanpa pengobatan yang benar penyakit ini dapat membahayakan kondisi tubuh. Biasanya akan dilakukan pengobatan dengan kortikosteroid serta cairan infuse ke dalam tubuh melalui pembuluh darah, bahkan jika sudah diketahui seberapa parah pada penyakit ini, penderita biasanya diberikan tanlet untuk dikonsumsi dalm jangka panjang.

Menginngat jika pengobatan tidak dilakukan sampai tuntas maka akan berujung dengan kematian, namun dengan kemajuan zaman, sekarang banyak obat herbal yang dapat membantu dalam penyembuhan penyakit ini. Selalu menjaga kondisi badan dengan rajin berolahraga supaya kondisi tubuh tetap sehat, dan selalu berpola hidu sehat.