Karbunkel (Bisul Besar) – Gejala dan Komplikasi

Bisul juga bisa terjadi pada orang-orang muda yang sehat, bugar, terutama mereka yang hidup bersama dalam kelompok seperti asrama dan berbagi barang-barang seperti seprei, handuk, atau pakaian. Selain itu, orang-orang dari segala usia dapat mengembangkan karbunkel dari iritasi atau lecet pada permukaan kulit yang disebabkan oleh pakaian ketat, mencukur, atau gigitan serangga, terutama di daerah tubuh dengan keringat berat.

doktersehat-pria-jerawat-muka-wajah-karbunkel-bisul-besar

Gejala karbunkel
Nanah yang terkumpul untuk karbunkel biasanya dimulai dalam bentuk benjolan merah dan menyakitkan. Karbunkel terisi nanah dan mulai memiliki punak putih atau kuning muda, yang dapat pecah mengeluarkan cairan, atau kerak (krusta). Selama periode beberapa hari, banyak karbunkel yang diobati akan pecah, atau mengeluarkan cairan putih atau merah muda.

Karbunkel Superficial, yang memiliki beberapa bukaan di permukaan kulit, cenderung untuk meninggalkan bekas luka yang mendalam. Dalam karbunkel lebih mungkin menyebabkan jaringan parut yang signifikan.

Gejala karbunkel lainnya termasuk demam, kelelahan, dan rasa sakit umum. Pembengkakan dapat terjadi di dekat jaringan dan kelenjar getah bening, terutama kelenjar getah bening di leher, ketiak, atau pangkal paha.

Komplikasi karbunkel
Kadang-kadang, karbunkel disebabkan oleh bakteri Staphylococcus aureus methicillin-resistant (MRSA), dan memerlukan pengobatan dengan antibiotik resep ampuh jika lesi tidak dikeringkan dengan benar.

Dalam kasus yang jarang terjadi, bakteri dari karbunkel dapat melarikan diri ke dalam aliran darah dan menyebabkan komplikasi serius, termasuk sepsis dan infeksi di bagian lain dari tubuh seperti paru-paru, tulang, sendi, jantung, darah, dan sistem saraf pusat.

Sepsis adalah infeksi yang luar biasa dari tubuh yang merupakan keadaan darurat medis dan dapat berakibat fatal jika tidak diobati. Gejala termasuk menggigil, demam tinggi, denyut jantung cepat, dan perasaan yang sangat sakit.