Gejala Kolesterol Tinggi Yang Perlu Diketahui

DokterSehat.Com – Tidak sedikit orang mengalami mengalami kolesterol tinggi gegara makanan dan gaya hidup. Kadar kolesterol normal jika ukurannya 160-200 miligram (mg) sedangkan masuk kondisi berbahaya jika sudah di atas 240 mg karena bisa menyebabkan stroke.



Kolesterol tinggi sering dijuluki  dengan silent killer ungkapa ini karena kolesterol tinggi sering tak bergejala tetapi berakibat fatal. Namun dalam beberapa kasus, kolesterol tinggi juga dapat menunjukkan gejala pada tubuh. Lalu apa saja gejala kolesterol tinggi? Perlu kita ketahui bahwa ukuran kadar kolesterol normal adalah 160-200 mg, sedangkan jika sudah di atas 240 mg maka masuk kepada kondisi berbahaya.

Berikut beberapa gejala kolesterol tinggi yang paling sering didapati pada pasien kolesterol tinggi antara lain :

  • Rasa berat di tengkuk hingga rasa pegal di pundak
    Sebagian besar orang merasakan berat di kepala dan pegal-pegal sebagai gejala awal dari kolesterol tinggi. Gejala ini muncul diakibatkan oleh kurangnya oksigen. Gejala kolesterol tinggi yang sering biasanya berat di kepala tapi rasa sakitnya tidak tajam, hanya berat.
  • Cepat mengantuk, terutama bila kadar kolesterolnya sudah tinggi sekali, misal trigliserida yang normalnya dibawah 200 mg atau 150 mg
    Rasa cepat mengantuk ini biasanya terjadi karena kurangnya asupan oksigen ke otak akibat pembuluh darah yang menyempit karena adanya timbunan lemak akibat kolesterol.
  • Sering merasa kesemutan
    Kadang-kadang kesemutan juga bisa karena darahnya agak kental. Kadar kolesterol tinggi dapat menyebabkan aliran darah menjadi kental sehingga oksigen menjadi berkurang. Gejala lainnya terjadi timbunan lemak di atas kelopak mata. Biasanya timbunan ini mengandung kadar trigliserida (molekul asam lemak) yang tinggi. Namun ini hanya terjadi pada sebagian kecil orang saja.
  • Mudah merasa lelah
    Hal ini dikarenakan ketika plak terbentuk di dinding arteri, bisa menyebabkan kondisi seperti atherosclerosis, penyakit jantung coroner dan penyakit mikrovaskuler koroner atau coronary microvascular disease (CMD). Kondisi-kondisi seperti inilah yang menyebabkan badan terasa mudah lelah.
  • Sering merasa sakit kepala
    Ini terjadi dikarenakan kolesterol yang tinggi dalam darah sehingga memicu terjadinya penimbunan plak-plak di pembuluh darah arteri sehingga menyebabkan terjadinya artherosclerosis. Kondisi ini membuat arteri akan menyempit dan membuat aliran darah ke kepala dan otak berkurang, sehingga menyebabkan rasa sakit pada kepala.
  • Kaki bengkak
    Hal ini disebabkan ketika pembuluh darah menyempit dan asupan oksigen berkurang, maka yang paling sedikit mendapatkan darah adalah kaki. Hal ini akhirnya menyebabkan kaki terlihat membengkak. Kondisi ini hampir sama dengan kondisi ketika Anda terlalu lama duduk selama perjalanan.