Gejala Kekurangan Vitamin C Dalam Tubuh

DokterSehat.Com – Vitamin C adalah salah satu elemen yang paling penting untuk dipenuhi dalam diet sehari hari. Vitamin C tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, dan merupakan komponen esensial. Kita perlu Vitamin C untuk membantu pertumbuhan sel yang baik, mempromosikan fungsi sistem peredaran darah, menjaga kulit, tulang, dan pada umumnya berguna untuk membantu tubuh kita dalam mengembangkan sistem pertahanan tubuh. Kekurangan vitamin C adalah masalah yang serius, dan harus segera diketahui agar bisa lebih dini untuk ditangani dengan makanan alami atau suplemen yang mengandung vitamin C.



Banyak ahli medis setuju bahwa kekurangan vitamin C cukup jarang terjadi di sebagian besar masyarakat modern. Susu formula dan sumber makanan lain sudah banyak yang diperkaya dengan vitamin C untuk mencegah bentuk dari kekurangan nutrisi penting ini.

Gejala kekurangan vitamin C

  • Kekurangan energi yang kronis, kelemahan dan depresi
    Kekurangan vitamin C bahkan juga dapat mempengaruhi kekuatan tulang. Tingkat vitamin C yang rendah juga dapat menyebabkan penurunan berat badan secara drastis.
  • Pendarahan gusi, gigi tanggal, atau gingivitis
    Hal ini terjadi karena tubuh kekurangan kolagen yang diperlukan untuk membangun dan memelihara jaringan gigi dan gusi. Vitamin C sangat diperlukan oleh tubuh untuk mensintesis kolagen.
  • Perubahan suasana hati
    Orang yang kekurangan vitamin C, moodnya mudah sekali berubah-ubah, gampang emosi, dan mudah marah.
  • Kulit memar
    Kulit yang mudah memar dan membutuhkan waktu yang lama untuk pulih, bisa menjadi indikasi kekurangan vitamin C. Lambatnya penyembuhan luka ringan secara alami oleh tubuh juga menunjukkan bahwa kadar vitamin C dalam tubuh kurang memadai.
  • Nyeri sendi
    Nyeri sendi atau tungkai yang kronis merupakan tanda-tanda kain yang mengindikasikan bahwa tubuh kekurangan vitamin C. Kadang-kadang penyakit kudis yang parah juga dapat menyebabkan pendarahan di dalam sendi dan menimbulkan rasa sakit yang tak tertahankan.
  • Anemia
    Anemia adalah tanda lain dari kemungkinan kekurangan vitamin C. Orang yang kekurangan vitamin C juga gampang jatuh sakit karena sistem kekebalan tubuhnya melemah.
Baca Juga:  Gejala HIV Mirip Gejala Flu

Pengobatan kekurangan vitamin C

Kekurangan vitamin C dapat diobati dengan suplemen vitamin. Namun sangat penting untuk mencari bantuan pengobatan kepada ahli medis profesional, daripada mengobati diri sendiri dengan obat-obatan alami. Suplemen vitamin C pada umumnya tidak diketahui memiliki efek samping, namun pada tingkat konsumsi yang sangat tingg dapat menyebabkan mual serta gangguan pencernaan. Jika mengalami salah satu dari gejala negatif kekurangan vitamin C di atas, maka harus berkonsultasi kepada dokter. Hal ini untuk mengetahui secara pasti penyebab secara pasti dari kekurangan vitamin C, apakah karena kurangnya asupan nutrisi atau karena sebab lain.