Gejala Kanker Yang Paling Mudah Dikenali

DokterSehat.Com – Para penderita kanker sering kali tidak mengetahui jika dirinya sedang terserang kanker, padahal gejala kanker cukup mudah diamati.



Dari dulu kanker merupakan salah satu jenis penyakit mematikan yang sangat ditakuti banyak orang. Terkadang beberapa orang yang menderita penyakit kanker akan menimbulkan beberapa gejala atau keluhan yang signifikan setelah penyakit kanker tersebut menyebar. Manurut dari hasil penelitian yang dilakukan oleh beberapa para hali di Inggris menunjukan bahwa ada sekitar 5 gejala yang dapat ditimbulkan pada awal penyakit kanker.

• Menimbulkan gejala batuk dan juga suara serak dalam waktu yang cukup lama
Gejala batuk yang sering dan juga mudah hilang sendirinya merupakan suatu gejala yang dapat disebabkan oleh alergi dan hal itu biasanya sering di alami banyak orang. Tetapi jika gejala batuk tersebut berlangsung sangat lama dan disertai dengan batuk berdarah yang sulit untuk di sembuhkan , maka anda harus waspada dan segera memeriksakan diri kedokter. Karena gejala batuk lama yang disertai dengan batuk berdarah merupakan salah satu gejala yang menunjukan jika adanya kanker paru-paru, untuk memastikan kebenarannya, sebaiknya segera periksakan dan dilakukan pemeriksaan rontgen.

• Timbul rasa nyeri dalam waktu yang lama dan sulit untuk dijelaskan
Walaupun timbulnya rasa nyeri itu tidak semua disebabkan oleh gejala kanker, tetapi anda harus tetap waspada jika rasa nyeri tersebut berlangsung cukup lama dan segera lakukan pemeriksaan medis. Beberapa contohnya yaitu, jika anda sering merasakan rasa nyeri di bagian kepala, sering nyeri dalam waktu lama di bagian dada yang merupakan salah satu tanda adanya gejala kanker paru-paru atau juga timbulnya rasa nyeri di bagian perut yang juga bisa disebabkan oleh gejala dari kanker ovarium.

Baca Juga:  Mengenal Osteoarthritis, Penyakit Sendi dan Tulang Rawan Pada Lansia

• Terjadi perubahan pada tahi lalat
Walaupun belum bisa ditentukan jika timbulnya sebuah tahi lalat baru yang senakin lama semakin membesar disebabkan oleh gejala kanker kulit, tetapi anda tetap harus waspada dan segera memeriksakannya ke dokter kulit untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan dilakukan penanganannya.

• Terjadi pendarahan abnormal
Jika anda mengalami pendarahan yang abnormal (terjadi diluar masa haid), hal ini bisa jadi salah satu tanda awal adanya gejala awal dari kanker serviks, sedangkan jika pendarahan terjadi pada bagian anus, maka tanda tersebut bisa juga disebabkan adanya gejala dari kanker usus. Untuk memastikannya, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter jika gejala tersebut tak kunjung sembuh.

• Berat badan menurun dengan sangat drastic
Banyak orang yang mencari cara agar dapat menurunkan berat badan, tetapi jika berat badan anda turun dengan sangat drastic tanpa melakukan usaha seperti diet dan meminum obat pelangsing. Maka anda harus waspada dan segera mengkonsultasikannya dengan dokter, karena bisa saja hal tersebut merupakan gejala dari kanker, tumor atau jenis penyakit lain yang tidak anda ketahui sebelumnya.

BACA JUGA : Madu Ampuh Obati Luka Kronis