Gejala Kanker yang Kerap Diabaikan

DokterSehat.com – Penyakit kanker dapat menyerang siapa saja dan kapan saja. Baik pria, wanita, hingga anak-anak berisiko terserang penyakit mematikan ini.



Beberapa jenis kanker tidak menunjukkan gejala awal sehingga banyak orang yang baru menyadari saat penyakit kanker sudah berkembang pesat. Padahal pengobatan akan lebih mudah dilakukan bila kanker sudah diketahui sejak dini.

Gejala kanker yang ditunjukkan berbeda-beda pada pada setiap orang. Berikut gejala kanker yang perlu Anda waspadai:

1. Perubahan pada payudara
Setiap wanita dianjurkan untuk mengenal bentuk payudaranya sendiri agar dapat mengetahui dengan cepat bila terjadi perubahan pada payudara. Gejala kanker biasanya diindikasikan dengan adanya benjolan, penebalan, dan warna kuli yang berubah menjadi kemerahan. Waspadai pula bila terdapat gejala seperti bengkak, kulit mengerut, kulit mengelupas, gatal, atau ruam berminggu-minggu di payudara.

Meski jarang terjadi, pria juga berisiko terkena kanker payudara. Waspadailah bila terdapat  benjolan dan cairan dari puting.

2. Rasa nyeri yang tidak biasa
Sakit atau nyeri terus-terusan bisa jadi pertanda munculnya kanker. terutama bila nyeri yang ditimbulkan bukan disebabkan sakit atau luka yang dirasakan sebelumnya.

3. Perubahan pada testis
Pria berusia 20-39 tahun rentan terkena kanker testis. Karena itu waspadailah setiap perubahan yang terjadi pada testis seperti pembengkakan di skrotum, atau malah mengecil. Kanker testis dapat berkembang sangat cepat sehingga lebih baik bila Anda mengetahuinya sedini mungkin.

4. Cairan berbau

Keluarnya cairan berbau busuk dari vagina merupakan salah satu tanda kanker serviks. Cairan ini terkadang disertai dengan darah dan mungkin terjadi pada sebelum atau setelah menopause. Untuk memastikan penyebab keluarnya cairan ini, Anda bisa melakukan pemeriksaan lab.

5. Kembung

Kanker ovarium biasanya ditandai dengan kembung sebelum makan, nyeri pada panggul dan pinggang serta kencing lebih sering. Segera periksakan diri ke dokter bila gejala ini berlangsung selama lebih dari dua minggu.

Baca Juga:  Lakukan Hal Ini Agar Pria Tidak Mudah Terkena Kanker Prostat

6. Perubahan pada kelenjar getah bening
Waspadalah bila terjadi pembengkakan atau benjolan di ketiak, leher, atau di tempat yang lain. Terutama bila semakin hari benjolan makin membesar hingga lebih dari satu bulan.

7. Demam
Demam adalah salah satu gejala kanker darah stadium awal, terutama pada limfoma atau leukimia. Demam dapat muncul saat kanker sudah menyebar ke organ tubuh lainnya.

8.  Penurunan berat badan secara dratis
Berat badan yang turun secara mendadak tanpa adanya usaha diet tertentu patut diwaspadai. Biasanya berat badan yang turun secara drastis berhubungan dengan kanker kolon atau kanker organ pencernaan lainnya.

9. Gangguan nyeri pada perut dan depresi
Setiap pria yang mengalami gangguan nyeri perut disertai depresi perlu diperiksa lebih lanjut karena para ahli menemukan adanya hubungan antara depresi dengan kanker pankreas.

10. Lelah berlebihan
Kondisi tubuh yang mengalami kelelahan yang berlebihan dan tidak membaik meski sudah beristirahat merupakan salah satu gejala kanker. Kondisi ini muncul setelah kanker berkembang atau juga bisa terjadi pada gejala awal kanker seperti kanker usus besar atau leukimia.

11. Batuk tak kunjung sembuh
Batuk yang terus menerus selama tiga atau empat minggu bisa menjadi gejala kanker atau pertanda munculnya masalah lain seperti radang paru-paru kronis.

12. Sulit menelan
kesulitan saat menelan makanan bisa jadi pertanda adanya kanker pada saluran pencernaan seperti kanker esofagus.

Perhatikan setiap gejala atau perubahan yang terjadi pada tubuh Anda. Mengetahui gejala kanker lebih dini dapat membantu pengobatannya.

Dari berbagai sumber