Gejala Kanker Testis Pada Pria Bisa Dikenali Pada Puting Susunya

DokterSehat.Com– Siapa bilang hanya organ vital wanita saja yang rentan terkena kanker? Dalam realitanya, organ vital pria juga beresiko terkena masalah kanker testis. Yang menjadi masalah adalah, munculnya benjolan kecil yang bisa menjadi tanda awal dari kanker testis seringkali tidak terdeteksi hingga kemudian membesar, menimbulkan rasa nyeri, dan akhirnya menjadi kanker yang ganas.

doktersehat-pria-skrotum-penis-masalah-kelamin-Pembesaran-Prostat-Jinak-gatal-hematuria-scrotoplasty-kanker-prostat-infeksi-menular-seksual

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa ada beberapa jenis gejala kanker testis yang sebaiknya diwaspadai oleh kaum pria seperti sebagai berikut.

  • Bentuk testis pria berubah menjadi tidak normal
  • Mengalami benjolan yang muncul di sekitar testis namun tidak disertai dengan rasa sakit
  • Skrotum atau buah zakar terasa berat.
  • Ada cairan yang berada di dalam skrotum atau buah zakar. Pengumpulan cairan secara mendadak ternyata bisa menjadi tanda akan adanya kanker.
  • Kanker testis ternyata juga mempengaruhi bentuk puting susu pria. Hal ini disebabkan oleh kanker testis yang mampu memproduksi protein yang akan membuat puting dada pria cenderung lebih lembut.
  • Kaki pria akan cenderung mengalami pembengkakan. Nafas pria juga akan menjadi lebih mudah tersengal. Hal ini disebabkan oleh pembengkakan yang disebabkan oleh menggumpalnya darah pda pembuluh darah bernama DVT atau deep venous thrombosis.

Terdapat banyak sekali faktor resiko dari kanker testis. Sebagai contoh, jika kita memiliki riwayat keluarga yang juga menderita kanker testis, maka resiko untuk terkena kanker ini juga membesar. Selain itu, pria wajib mewaspadai kanker ini saat usianya diantara 15-49 tahun meskipun kebanyakan korbannya adalah pria dengan usia 30 hingga 34 tahun. Pria dengan tinggi badan yang menjulang ternyata memiliki resiko lebih besar terkena kanker testis. Tak hanya itu, mereka yang terkena HIV/AIDS atau memiliki kebiasaan merokok juga lebih beresiko terkena penyakit ini.

Baca Juga:  Kanker Testis - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Jika anda mengalami gejala awal dari kanker testis dan memiliki beberapa faktor resiko seperti yang disebutkan sebelumnya. Segeralah memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter untuk mendapatkan solusi medis yang tepat.