Gejala Kanker Serviks ini Wajib Kita Waspadai

DokterSehat.Com– Setiap kali mendengar kata kanker serviks, kebanyakan orang langsung berpikir tentang penyakit yang bisa saja menyerang wanita dan sangat mematikan. Dalam realitanya, penyakit ini memang sulit untuk dideteksi sejak dini dan seringkali baru diketahui saat sudah mencapai stadium lanjut. Karena alasan inilah penyakit ini cenderung cukup sulit untuk diobati.

doktersehat-wanita-kanker-serviks-rahim

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa saat masih dalam stadium awal, penderita kanker serviks cenderung masih dalam kondisi yang sehat, bugar, dan tidak mengalami gejala khas. Keluhan yang berat biasanya baru datang saat penyakit ini mulai dalam keadaan yang parah. Hanya saja, ada beberapa gejala dari kanker serviks yang bisa saja muncul dan wajib kita waspadai seperti sebagai berikut ini.

Gejala pertama adalah adanya pendarahan yang tidak normal pada jalan lahir. Biasanya, darah ini keluar setelah melakukan hubungan intim atau saat wanita sudah memasuki fase menopause. Selain itu, muncul pula pendarahan atau bercak darah meskipun sedang tidak dalam kondisi haid. Gejala lain dari penyakit ini adalah periode haid yang sangat lama dengan volume darah yang jauh lebih banyak dari biasanya. Tak hanya itu, muncul pula cairan dengan bau cenderung amis dari organ vital wanita yang bisa saja bercampur dengan darah. Saat berhubungan intim, wanita juga cenderung kerap mengalami rasa nyeri.

Meskipun gejala-gejala tersebut belum tentu terkait dengan kanker serviks, ada baiknya kaum hawa segera memeriksakan kondisi kesehatannya ke dokter spesialis kandungan demi mengetahui apakah hal ini adalah tanda dari kanker mematikan tersebut atau tidak. Dengan melakukan pemeriksaan pap smear, maka kaum hawa diharapkan bisa mendeteksi penyakit ini sejak dini dan segera melakukan pengobatan sehingga penyakit ini lebih mudah untuk disembuhkan.