Gejala Kanker Prostat Ini Harus Diwaspadai Oleh Kaum Pria

DokterSehat.Com – Kanker prostat adalah salah satu jenis kanker yang paling ditakuti oleh kaum pria, khususnya yang sudah berusia lebih dari 50 tahun. Tak hanya mengganggu sistem reproduksi kaum pria, kanker ini juga bisa membuat pria menderita dan bahkan beresiko kehilangan nyawa. Sayangnya, kanker ini cenderung tidak agresif dan berkembang dalam waktu yang sangat lama sehingga pria cenderung tidak begitu merasakan gejala-gejalanya. Sebenarnya, seperti apakah gejala dari kanker prostat ini?

doktersehat-seks-pria-penis

Kanker prostat biasanya tidak menyebar ke organ-organ lainnya dan cenderung merusak bagian pribadi pria. Namun, ada pula beberapa jenis kanker prostat yang agresif dan menyebar ke bagian-bagian tubuh lainnya. Karena tidak begitu agresif, banyak pria yang baru bisa merasakan gejala dari kanker prostat ini saat kelenjar prostat mengalami pembengkakan.

Gejala paling umum dari adanya kanker prostat adalah sering munculnya keinginan untuk buang air kecil di malam hari. Selain itu, pria juga semakin kesulitan dalam menghentikan aliran urine ini sehingga mereka bisa saja buang air kecil tanpa sengaja tatkala batuk atau bahkan tertawa. Selain itu, saat buang air kecil atau ejakulasi, pria juga merasakan sensasi sakit dan terbakar. Dalam beberapa kasus, tekanan air seni saat keluar juga tidak lancar dan terputus-putus atau bahkan disertai dengan munculnya darah.

Hanya saja, beberapa jenis gejala tersebut juga bisa menandakan adanya infeksi saluran kemih, masalah kesehatan lain yang juga bisa menyerang kaum pria. Namun, tetap saja gejala-gejala ini harus diwaspadai oleh pria dan segera diperiksakan ke dokter.

Pakar kesehatan berkata jika gejala lain yang bisa ditimbulkan oleh kanker prostat adalah munculnya rasa nyeri pada panggul, paha atas, tulang rusuk, atau bahkan punggung bawah. Jika hal ini terjadi, ada baiknya pria harus memeriksakan kondisi kelenjar prostatnya, apalagi jika pria sudah cukup berumur. Dengan deteksi yang lebih awal, diharapkan penyakit ini tidak terlalu parah dan menyebabkan bahaya yang jauh lebih besar.