Gejala Kanker Payudara Ini Kerap Disepelekan

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan mematikan di Indonesia adalah kanker payudara. Memang, penyakit ini kerap menyerang kaum hawa. Namun, bukan berarti pria tidak beresiko mengalaminya. Pakar kesehatan menyebutkan jika banyak penderita kanker payudara yang baru mengetahui jika dirinya terkena kanker ini karena menyepelekan gejala-gejala awal dari kanker payudara seperti sebagai berikut.

doktersehat-kanker-payudara-breast-cancer

Rasa sakit pada payudara
Banyak yang berpikir jika rasa sakit pada payudara, khususnya pada area puting adalah hal yang sepele dan akan sembuh dengan sendirinya. Padahal, puting payudara yang sakit dan terasa semakin nyeri saat disentuh, apalagi jika ditambah dengan keluarnya cairan putih yang mirip susu, bisa jadi ini adalah tanda dari adanya kanker payudara yang harus segera diperiksakan ke dokter.

Batuk dan pilek yang tak sembuh-sembuh
Meskipun tergolong sebagai penyakit ringan, batuk dan pilek yang berlangsung dalam waktu lama menandakan lemahnya sistem imunitas tubuh yang bisa jadi adalah tanda dari adanya kanker pauudara. Hal yang sama juga menjadi tanda jika ada lebam-lebam berwarna ungu atau kehitaman yang terus muncul meskipun sudah diobati. Segera periksakan kondisi ini ke dokter.

Perubahan pada kulit
Tahukah anda jika salah satu tanda kanker payudara adalah perubahan pada tekstur kulit layaknya kulit jeruk dan bertambah besarnya pori-pori kulit. Tak hanya itu, kita juga bisa mengalami gatal-gatal yang terus menerus muncul dan tidak kunjung mereda. Hal ini bisa jadi adalah tanda adanya sel kanker yang sedang membentuk jaringan pada tubuh.

Berat badan turun atau naik dengan drastis
Salah satu efek dari berkembangnya sel kanker pada tubuh adalah kenaikan atau penurunan berat badan dengan sangat cepat tanpa adanya alasan tertentu. Tak hanya itu, kita juga bisa mengalami rasa sakit pada punggung yang tak kunjung hilang. Hal ini harus segera diwaspadai dan diperiksakan ke dokter karena bisa jadi adalah tanda dari sel kanker yang sedang berkembang di dalam tubuh.