Gejala Kanker Paru Ini Harus Diwaspadai

DokterSehat.Com – Kanker paru adalah salah satu jenis penyakit yang memiliki kaitan erat dengan kebiasaan merokok. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan jika 70 persen dari penyebab kematian yang diakibatkan oleh kebiasaan merokok adalah dikarenakan oleh kanker paru. Tahukah anda, kebanyakan penderita kanker paru memiliki harapan hidup yang cukup rendah. Bahkan, andai penyakit ini dideteksi saat mencapai stadium satu saja, harapan hidup pasien hanya beriksar 50 persen saja. Sayangnya, 25 persen dari kasus kanker paru-paru tidak memiliki gejala sama sekali sehingga banyak pasien yang sudah terlambat mengetahuinya dan tidak akan tertolong lagi. Sebenarnya, adakah gejala-gejala dari kanker paru yang bisa kita waspadai?

doktersehat-efusi-pleura-paru-paru

Pakar kesehatan menyebutkan jika banyak pasien kanker paru yang baru mengetahui dirinya terkena kanker paru saat melakukan pemeriksaan sinar X pada dadanya, yang seringnya justru karena adanya keluhan kesehatan lainnya. Padahal, jika Ia mengalami beberapa gejala khusus layaknya batuk yang cenderung berlangsung dalam waktu yang lama dan sangat susah untuk diobati, bisa jadi ini adalah gejala awal kanker paru yang bisa membuat harapan hidup pasien lebih baik jika terdiagnosa lebih awal.

Selain batuk, terdapat beberapa gejala kanker paru lainnya yang harus diwaspadai. Sebagai contoh, jika saat batuk ini ditemukan bercak darah pada dahak. Pakar kesehatan menyebutkan jika 7 persen penderita penyakit ini akan menunjukkan gejala ini. Selain itu, karena batuk yang sangat sering terjadi, maka suara pun akan cenderung lebih serak karena adanya tumor yang menekan pita suara.

Pada area dada sendiri, penderita kanker paru bisa mengalami rasa sangat nyeri yang berlanjut hingga area bahu, punggung, hingga lengannya. Selain itu, bernafas juga bisa menjadi hal yang sangat menyiksa mengingat adanya tumor pada saluran nafas atau paru-paru akan menghambat proses pernafasan ini. Gejala kanker paru berikutnya adalah seringnya penderitanya terkena infeksi paru-paru layaknya pneumonia ataupun bronkitis.

Baca Juga:  Apakah Ada Cara Memilih Roti yang Sehat?

Jika anda mengalami gejala-gejala seperti ini, segeralah memeriksakan kondisi ini ke dokter sehingga jika anda memang didiagnosa terkena kanker paru, diharapkan kondisi kanker ini masih belum terlalu parah sehingga anda pun bisa mendapatkan harapan kesembuhan yang lebih besar.