Gejala Kanker Pankreas

Doktersehat.com – Kanker pankreas merupakan kanker yang cukup berbahaya bagi tubuh. Gejala kanker pankreas pada setiap stadium selalu berbeda-beda, maka dari itu diharapkan untuk tidak meremehkan gejala apapun yang timbul, karena ketika gejala tersebut cukup jelas, ada kemungkinan bahwa pasien kanker pankreas telah berada pada stadium lanjut. Jadi, kita harus tanggap terhadap gejala-gejala kanker pankreas, ditemukan sedini mungkin, diobati sedini mungkin.



Gejala kanker pankreas stadium awal

??1.Sakit perut adalah salah satu gejala dari kanker pankreas stadium awal, sering dijumpai pada kanker bagian tubuh pankreas dan kanker ekor pankreas, terletak pada bagian atas rongga perut, seputar pusar atau perut bagian kanan atas, sakitnya melilit, pada saat duduk berbaring atau malam hari rasa sakit akan bertambah, bila duduk, berdiri dan badan miring ke depan atau berjalan rasa sakitnya bisa berkurang.
2.Kurang lebih 90% dari jumlah pasien mengalami penurunan berat badan dengan cepat dan nyata.
3.Pada suatu tahap tertentu dalam proses perkembangan penyakit akan dijumpai adanya penyakit kuning, pada umumnya sebagian besar penyakit kuning dijumpai pada kanker kepala pankreas dan muncul dimasa awal, tumor yang hanya terdapat pada tubuh dan ekor pankreas kebanyakan tidak dijumpai penyakit kuning. Penyakit kuning kebanyakan bersifat obstruktif, prosesnya bersifat semakin berat, disertai dengan gejala kulit gatal dan gejala lainnya.
4.Sering terjadi lemas dan kehilangan nafsu makan, disertai dengan diare, sembelit, kembung, mual dan gejala gastrointestinal lainnya, sebagian pasien timbul gejala diare lemak dan kadar gula tinggi, kencing manis.
Gejala kanker pankreas stadium medium dan lanjut

??1.Gejala saraf : Beberapa pasien mungkin mengalami kegalauan, depresi, insomnia, perubahan karakter dan berbagai gejala lainnya.
2.Nyeri perut : Nyeri perut adalah gejala awal yang paling sering dijumpai pada kanker pankreas, letak yang tidak jelas, lingkup rasa sakit pada stadium medium dan lanjut lebih luas, dapat meluas hingga ke bagian atas dan tengah perut dan bagian kiri tulang rusuk, dapat menyebar punggung, dada dan belikat kanan?Rasa sakit perut yang kusam, rasa sakit tekanan berat, rasa sakit seperti gigitan dan lain sebagainya, dapat bertambah berat setelah makan.
3.Penyakit kuning : Penyakit kuning pada kanker pankreas stadium medium dan lanjut, seringnya bersifat terus-menerus dan semakin berat, obstruksi total, tinja berwarna tanah liat, perubahan warna kekuningan pada kulit menjadi warna coklat atau perunggu, disertai rasa gatal.
4.Badan kurus: Badan kurus dalam waktu yang relatif singkat, berat badan menurun secara signifikan, berkaitan dengan kekurangan cairan pankreas dan empedu, daya serap saluran pencernaan tidak baik, nafsu makan tidak bagus, insomnia, beban mental berat, efek langsung dari sel kanker dan sebagainya.
5.Gejala saluran pencernaan : Meliputi nafsu makan kurang baik, gangguan pencernaan, mual dan muntah, diare, sembelit atau pendarahan gastrointestinal dan berbagai gejala lain yang sering bermunculan, namun tidak spesifik.
6.Meradang : Setidaknya ada 10% pasien kanker stadium medium dan lanjut pada proses perkembangannya mengalami peradangan, gejala klinis berupa peradangan rendah, peradangan tinggi, intermitten fever atau pun peradangan tak teratur dan lainnya, kemungkinan berkaitan dengan sel kanker yang melepaskan pyrogen atau infeksi berkelanjutan pada saluran empedu.
Di atas adalah beberapa gejala yang sering muncul pada kanker pankreas pada setiap stadium, ahli Rumah Sakit Modern Cancer Guangzhou mengingatkan, apabila dijumpai gejala yang sama dengan kanker pankreas, segera melakukan pemeriksaan dan pengobatan di rumah sakit reguler.

Baca Juga:  Gejala HIV Mirip Gejala Flu

Dari berbagai sumber