Gejala Kanker Pada Kulit yang Kerap Kita Abaikan

DokterSehat.Com – Sudah menjadi rahasia umum jika kanker adalah salah satu penyakit yang paling ditakuti di dunia. Selain karena sangat mematikan, kanker juga bisa membuat penderitanya sangat tersiksa karena ada banyaknya kerusakan pada tubuhnya. Karena alasan inilah banyak orang yang berusaha sebisa mungkin mencegah munculnya penyakit ini atau setidaknya mendeteksi penyakit ini sejak dini. Beruntung pakar kesehatan menyebutkan jika ada kemungkinan tanda-tanda pada kulit ini bisa menjadi tanda adanya penyakit kanker yang mengerikan ini.

doktersehat-kulit-ruam-hiv-aids-alergi-rubella-kudis-skabies

Gejala kanker pertama yang bisa muncul pada kulit adalah adanya perubahan yang terjadi pada kuku. Pakar kesehatan bahkan menyebutkan jika warna kuku bisa menjadi indikasi adanya penyakit kanker, khususnya jika ada perubahan ukuran tanpa sebab pada kuku yang mungkin saja mengindikasikan penyakit kanker paru-paru. Selain itu, jika kulit kita terkena bercak kehitaman atau kecoklatan, maka kita pun beresiko terkena kanker kulit. Jika kulit tubuh cenderung lebih putih namun disertai dengan kuku yang pucat, bisa jadi kita justru terkena kanker hati.

Kulit yang tiba-tiba muncu benjolan juga bisa menjadi tanda adanya kanker mengingata ada kemungkinan adanya kerusakan pada sistem limpatik yang memicu munculnya benjolan ini. Selain itu, kulit juga sangat ebresiko terkena pendarahan atau lebam-lebam tanpa diketahui sebelumnya. Pakar kesehatan menyebutkan jika kondisi ini bisa jadi adalah tanda adanya leukimia yang disebabkan oleh produksi sel darah merah dan darah putih yang mengalami gangguan. Selain itu, ada juga kemungkinan wajah mengalami pembengkakan saat tidur. Ha lini ternyata adalah tanda adanya resiko terkena kanker paru-paru.

Pertanda pada kulit lainnya yang merupakan gejala kanker kulit adalah adanya perubahan layaknya pembengkakan dan rasa sakit pada payudara. Selain itu, bisa jadi sariawan akan mengalami luka yang arah akibat besarnya luka hingga berdarah-darah.