Waspada, Gejala Kanker ini Mirip dengan Flu Biasa

doktesehat flu setelah Lebaran
photo credit: Pexels

DokterSehat.Com– Berbicara mengenai penyakit tentu saja tidak ada habisnya. Sebab, ada begitu banyak jenis penyakit di dunia ini, baik dari penyakit biasa sampai mematikan. Semua penyakit itu tidak bisa disepelekan karena akan memberikan dampak yang mengkhawatirkan jika salah cara mengatasinya.

Seperti kasus yang baru-baru ini sempat menghebohkan netizen di jagad maya mengenai penyakit kanker yang menyerupai flu. Ya, belum lama ini ada sebuah informasi mengejutkan mengenai masalah tersebut. Dilansir dari laman LiveStrong, dikatakan bahwa ternyata kanker bisa datang dengan gejala yang sangat samar tak terlihat sebab menyerupai flu seperi umumnya.

Hal itu juga cukup mengejutkan karena pasien tidak menyadari bahwa dia sedsng menderita kanker sampai stadium akhir yang sangat mengkhawatirkan. Menurut laman tersebut, kanker ini bervariasi jenisnya, namun yang umum adalah kanker nasofaring, yakni kanker yang tumbuh di belakang rongga hidung dan belakang langit-langit mulut.

Agar lebih jelas, berikut adalah beberapa gejala kanker yang sulit dideteksi kemunculannya.

1. Sering Demam dan Menggigil

Jika seseorang mengalami flu, biasanya penyakit ini datang satu paket dengan demam dan suhu yang dingin sehingga membuat menggigil. Tapi, ternyata kondisi ini juga bisa pertanda bahwa Anda sedang diancam oleh sel kanker. Biasany, gejala ini juga disertai dengan keluarnya keringat dingin yang membuat kepala pusing. Untuk itu, segeralah periksa ke dokter agar diagnosa semakin jelas.

2. Sering Pegal dan Nyeri

Rasa pegal dan nyeri memang hal yang wajar dialami oleh setiap orang, apalagi jika melakukan aktivitas yang cukup berat. Tapi apa jadinya jika pegal dan nyeri sering muncul walau tak beraktivitas sekalipun? Jika Anda mengalaminya, segeralah periksa ke dokter dan jangan pernah menyepelekan kondisi yang terbilang tak normal ini. Sebab, jika dibiarkan begitu saja, tubuh akan semakin sakit akibat sel kanker yang sudah berkembang ke seluruh organ tubuh.

3. Penurunan Berat Badan

Berat badan turun akibat diet adalah ham yang wajar. Namun, bagaimana jika berat badan tiba-tiba turun tanpa alasan yang jelas? Bisa jadi, itu adalah gejala kanker tahap awal. Sebab, bagaimanapun juga sel kanker sifatnya ganas dan bisa menggerogoti fungsi organ di dalam tubuh. Jika Anda mengalami hal ini, hendaknya segera konsultasikan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut.