Gejala Kanker Darah Pada Anak

DokterSehat.Com – Leukemia adalah kondisi sel-sel darah putih yang lebih banyak daripada sel darah merah tapi sel-sel darah putih ini bersifat abnormal.

15

Tak hanya orag dewasa yang rentan terhadap kanker melainkan anak kecil juga berisiko menderita kanker, seperti kanker darah. Apalagi, anak kecil memiliko sistem kekebalan tubuh yang lemah yang mudah sekali terserang penyakit, kanker darah sekalipun, yang merupakan penyakit kronis dan membutuhkan penanganan serius.

Lantas, bagaimana cara mengetahuinya Ladies? Adakah gejala khusus kanker darah yang terjadi pada anak?

Pada dasarnya, gejala kanker yang dialami orang dewasa sama dengan yang dialami anak kecil. Berikut ini merupakan gejala kanker darah yang mungkin akan dialami oleh anak kecil :

  • Kelelahan
    Pada usianya, anak sangat aktif dan tak bisa diam. Anak banyak bergerak dan melakukan aktivitas seperti bermain atau olahraga. Namun, berbeda dengan anak sehat, penderita kanker darah cenderung lemah dan merasa lelah ketika melakukan aktivitas. Ditambah lagi, kondisinya yang pucat dan tak bergairah.
  • Demam dan infeksi
    Anak dengan kanker darah atau leukemia sering mengalami demam. Memang, anak mudah sekali demam namun Anda tidak bisa membiarkannya begitu saja. Begitu juga dengan infeksi. Kekebalan tubuh pada anak kadang lemah, dan bahkan antibiotic mampu bekerja sementara.
  • Pendarahan
    Pendarahan pada anak yang menderita leukemia berupa mimisan. Hidung jadi mengeluarkan darah yang banyak sehingga tubuh menjadi pucat. Setelah itu disusul dengan demam ditambah lagi masuknya bakteri dan virus yang menyerang sistem kekebalan tubuhnya.