Gejala Gusi Yang Patut Diwaspadai

DokterSehat.Com – Gusi yang sehat adalah tanda bahwa Anda memiliki kesehatan mulut yang baik. Sebaliknya, masalah pada gusi bisa menjadi tanda bahwa ada sesuatu yang tidak baik pada kesehatan mulut dan gigi Anda.

3686227202_e289a39bf2_b

Beberapa masalah gusi bisa diatasi dengan obat oral dan perawatan sederhana, namun yang lain mungkin membutuhkan pembedahan dan perawatan tingkat lanjut. Nah, berikut adalah beberapa tanda yang harus diwaspadai :

• Gusi menyusut
Penyusutan gigi bisa anda lihat saat gigi anda terlihat lebih panjang. Penyusutan gusi ini sangat berbahaya bagi kesehatan mulut anda.

• Gusi bernanah
Jika sudah ada nanah pada gusi, tentunya akan sangat berbahaya bagi kesehatan gusi anda. Segeralah periksakan ke dokter gusi bernanah anda sebab jika telah lanjut maka gusi akan membusuk dan menimbulkan penyakit yang lebih parah.

• Gigi goyah
Jika gigi anda goyah atau mudah goyang dari gusinya, hal tersebut adalah indikasi bahwa gusi anda lemah. Jangan sampai anda membiarkannya begitu saja tanpa ada perawatan khusus.

• Sensitive
Saat memakan makanan yang dingin maka biasanya gusi terasa ngilu, saat itu terjadi sebaiknya anda mewaspadai sebab itu adalah tanda bahwa gusi anda sedang sensitif. Segera perikasakan ke dokter gigi agar anda mendapatkan perawatan yang baik.

• Perdarahan gusi
Saat menyikat gigi anda, anda sebaiknya memperhatikan apakah gusi anda ikut berdarah atau tidak. Gusi berdarah saat menikat gigi menandakan adanya kelemahan gusi anda. Jika hal itu terjadi sebaiknya anda mengunjungi dokter gigi secepatnya.

• Napas bau tidak sedap
Anda harus memperhatikan bagaimana nafas anda sepanjang waktu. Terkadang saat anda telah memakan makanan yang beraroma tajam, maka nafas anda tentunya akan terasa bau. Namun jika anda merasa nafas anda bau sepanjang hari walaupun tidak sedang memakan makanan yang beraroma tajam, anda sebaiknya waspada sebab hal itu bisa saja menjadi tanda bahwa gusi anda sedang berada dalam masalah.

Baca Juga:  Rokok Elektrik Juga Bisa Memicu Kerusakan Pada Gigi

Janganlah menyepelekan masalah gusi ini. Anda sebaiknya segera memeriksakan ke dokter jika beberapa tanda ini terjadi pada anda.