Gejala Gagal Ginjal Ini Masih Sering Diabaikan

DokterSehat.Com – Salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan bisa memicu kematian adalah gagal ginjal. Seringkali, penderita gagal ginjal kurang mampu mendeteksi gejala awal dari masalah kesehatan ini. Pakar kesehatan sendiri menyebutkan bahwa beberapa gejala gagal ginjal ini masih kerap diabaikan oleh banyak orang.

doktersehat-gagal-ginjal-akut-penyakit-Hidronefrosis-kanker

Lelah berkepanjangan
Gangguan pada ginjal akan menyebabkan tubuh memiliki lebih banyak racun. Hal ini ternyata berimbas pada tubuh yang terus-menerus merasa lelah meskipun sudah banyak beristirahat. Hal ini juga bisa berimbas pada menurunnya kualitas tidur. Dalam beberapa kasus, penderita gagal ginjal kronis bahkan mengalami sleep apnea dan meningkatkan resiko terkena masalah obesitas.

Kulit kering
Selain menyaring darah dan berbagai racun di dalam tubuh, ginjal juga membantu proses pembentukan sel darah merah dan mengendalikan kadar mineral di dalam tubuh. Jika kinerja ginjal terganggu, maka kadar mineral menjadi tidak terkendali dan akhirnya menyebabkan masalah kulit kering.

Kerap buang air kecil di malam hari
Jika frekuensi buang air kecil meningkat di malam hari, bisa jadi hal ini disebabkan oleh gangguan pada ginjal. Gejala ini juga bisa menjadi tanda masalah infeksi atau gangguan prostat pada pria.

Urine berbusa
Kinerja ginjal yang terganggu akan berimbas pada urine yang berbusa. Adanya busa ini adalah tanda dari protein yang ikut keluar pada urine tersebut.

Mata bengkak
Jika mata kita membengkak, maka bisa jadi hal ini menjadi tanda akan tingginya kadar protein di dalam tubuh yang disebabkan oleh gangguan pada ginjal. Selain pada mata, pergelangan kaki yang membengkak juga bisa menjadi tanda gagal ginjal.

Sensasi pahit pada mulut
Jika mulut selalu terasa pahit layaknya rasa besi, maka hal ini menandakan gejala awal dari penyakit ginjal.