Flu Burung – Gejala, Diagnosis, dan Pengobatan

Pada awalnya, gejala flu burung dapat menjadi sama seperti gejala flu biasa, seperti:

doktersehat-flu-burung-babi-swine-flu

  • Demam
  • Batuk
  • Sakit tenggorokan.
  • Sakit otot.

Kadang-kadang flu burung juga dapat menyebabkan gejala lain, seperti:

  • Muntah atau diare.
  • Infeksi mata (konjungtivitis).

Flu burung dapat dengan cepat berkembang menjadi pneumonia dan sindrom gangguan pernapasan akut, masalah paru-paru serius yang dapat mematikan. Bagi orang-orang yang meninggal karena flu burung, panjang rata-rata waktu dari awal gejala sampai kematian adalah 9 sampai 10 hari.

Hubungi dokter segera jika Anda bepergian ke suatu tempat atau tinggal di daerah di mana ada flu burung dan Anda mengalami demam dan sulit bernapas.

Bagaimana flu burung didiagnosis dan diobati?
Jika dokter Anda berpikir bahwa Anda mungkin memiliki flu burung, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mengajukan pertanyaan tentang gejala-gejala Anda dan kesehatan masa lalu. Dokter Anda juga akan bertanya di mana Anda tinggal, di mana Anda telah melakukan perjalanan baru-baru ini, dan riwayat Anda kontak dengan unggas. Kemudian dokter dapat melakukan pemeriksaan darah, swab hidung, atau tes lain, seperti sinar-X, untuk membantu mencari tahu apa yang membuat Anda sakit.

Beberapa pertanyaan dokter adalah:

  • Pernahkah 1 meter dari tempat tinggal Anda ada unggas hidup yang kira-kira sakit, atau mati, atau burung liar yang mengalami kejadian serupa?
  • Apakah Anda memakan unggas atau telur dengan mentah atau kurang matang?
  • Apakah Anda memiliki kontak dekat (jarak sentuh atau berbicara) dengan seseorang dari daerah yang terkena virus flu burung yang memiliki penyakit pernapasan parah atau yang kemudian meninggal karena penyebab yang tidak diketahui?
  • Apakah Anda pekerja laboratorium atau pekerja di peternakan unggas yang mungkin telah terpapar virus flu burung?
Baca Juga:  Stroke - Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

Bagaimana flu burung diperlakukan tergantung pada apa virus lakukan untuk tubuh Anda. Dalam beberapa kasus, obat antivirus dapat membantu Anda merasa lebih baik. Namun para ahli khawatir bahwa obat antivirus tertentu mungkin tidak bekerja melawan flu burung.

Jika Anda memiliki flu burung, Anda akan tinggal di sebuah kamar rumah sakit privat (ruang isolasi) untuk mengurangi kemungkinan penyebaran virus kepada orang lain. Ketika dokter dan perawat sedang merawat Anda, mereka akan memakai sarung tangan dan jubah pelindung khusus. Beberapa orang yang tertular flu burung mungkin memerlukan mesin bantu napas yang disebut ventilator untuk membantu bernafas lebih baik. Orang lain mungkin perlu mesin untuk membantu ginjal bekerja lebih baik (dialisis). Kebanyakan flu burung menyebabkan kematian.