Gejala Darah Tinggi yang Sangat Penting untuk Diketahui

DokterSehat.Com – Hipertensi (HTN) atau tekanan darah tinggi, kadang-kadang disebut juga dengan hipertensi arteri, adalah kondisi medis kronis dengan tekanan darah di arteri meningkat. Peningkatan ini menyebabkan jantung harus bekerja lebih keras dari biasanya untuk mengedarkan darah melalui pembuluh darah. Tekanan darah melibatkan dua pengukuran, sistolik dan diastolik, tergantung apakah otot jantung berkontraksi (sistole) atau berelaksasi di antara denyut (diastole). Tekanan darah ordinary pada saat istirahat adalah dalam kisaran sistolik (bacaan atas) 100–140 mmhg dan diastolik (bacaan bawah) 60–90 mmhg. Tekanan darah tinggi terjadi bila terus-menerus berada pada 140/90 mmhg atau lebih.

14

Darah tinggi sendiri terkadang sulit untuk diketahui karena biasanya tidak terlihat gejala tertentu pada tubuh penderita dan hal itu terjadi selama bertahun-tahun. Tetapi beberapa gejala bisa dengan mudah dicurigai sebagai gejala darah tinggi seperti berikut ini :

  • Sakit kepala
    Gejala darah tinggi berupa rasa sakit dikepala bisa terjadi saat terkanan darah mencapai 180/110 mmHg lebih. Tetapi biasanya pada kondisi hipertensi ringan, gejala ini sama sekali tidak muncul. Sakit kepala yang terjadi terus-menerus merupakan tanda bahwa tekanan darah melonjak naik. Ini merupakan keadan yang lebih serius dibanding hipertensi ringan.
  • Mimisan
    Jika Anda sering mimisan dan hal itu datang secara tiba-tiba serta sulit dihentikan, maka bisa jadi ini merupakan gejala darah tinggi tahap awal. Jika terjadi hal seperti ini, ada baiknya Anda langsung memeriksakan kesehatan ke dokter.
  • Mual dan muntah
    mual dan muntah bisa diakibatkan oleh penyakit lain atau beberapa masalah kesehatan, tetapi jika mual dan muntah tersebut disertai dengan napas yang pendek-pendek dan pandangan yang kabur maka dipastikan itu merupakan gejala darah tinggi.
  • Munculnya titik darah pada mata
    Gejala darah tinggi yang lebih jelas adalah munculnya titik darah pada bola mata. Saat Anda mengalami hal ini maka ada baiknya Anda langsung waspada. Kemunculan titik darah tersebut bisa jadi merupakan tanda pembekuan darah yang diakibatkan oleh hipertensi.
  • Mata rasa atau kesemutan
    Bagi para penderita darah tinggi, mati rasa atau kesemutan bisa jadi merupakan tanda awal dari stroke. Biasanya hal inidiakibatkan oleh tekanan darah yang meningkat. Jika hipertensi tidak segera dikontrol, akan menyebabkan terjadinya kerusakan saraf sehingga tubuh bisa mengalami kesemutan atau mati rasa.
  • Pusing
    Gejala terakhir dari darah tinggi adalah rasa pusing yang disertai dengan vertigo atau sakit kepala yang terasa ringan. Gejala yang satu ini tidak boleh diabaikan begitu saja, apalagi jika muncul secara tiba-tiba. Gejala tersebut juga terkadang disertai dengan mengalami kesulitan berjalan atau pingsan. Jika hal itu terjadi, maka kemungkinan besar itu merupakan tanda awal terjadinya stroke.