Uretritis Pada Pria – Gejala dan Tanda

Rasa terbakar dan nyeri saat buang air kecil adalah gejala klasik uretritis. Anda mungkin juga merasakan keinginan untuk buang air kecil lebih sering dari biasanya. Gejala lainnya bisa berupa rasa gatal, nyeri tekan, atau pembengkakan pada penis, nyeri saat hubungan seksual, atau darah dalam air kencing atau air mani.

doktersehat-kesehatan-penis-obat-oles-Priapismus

  • Beberapa infeksi mungkin juga terkait dengan discharge (cairan) yang keluar dari penis. Ulkus yang menyakitkan pada alat kelamin dapat hadir dengan herpes uretritis, penyakit menular seksual lainnya.
  • Uretritis sederhana tidak menyebabkan demam atau penyakit parah. Jika penyakit menyebar ke organ lain di saluran kelamin atau saluran kemih atau masuk ke aliran darah, akan menyebabkan hal berikut:
  • Sakit punggung
  • Sakit perut
  • Demam tinggi
  • Mual
  • Muntah
  • Sendi bengkak dan gejala penyakit lainnya di seluruh tubuh

Kapan harus mencari perawatan medis untuk uretritis?
Untuk sementara, uretritis ringan yang berasal dari penggunaan sabun atau lotion baru tidak perlu menemui dokter. Tapi kasus uretritis lain mungkin perlu diperiksa.

Jika Anda mengalami rasa sakit saat buang air kecil, hubungi dokter untuk mendiskusikan kebutuhan akan evaluasi atau perawatan. Rasa sakit mungkin merupakan efek samping yang diharapkan dari penanganan medis, atau mungkin menandakan dimulainya suatu infeksi.

Semua kasus rasa terbakar ketika buang air kecil memerlukan perawatan medis dalam waktu 24 jam.

Uretritis mungkin bukan keadaan darurat, tapi Anda pasti ingin segera sembuh. Jika Anda mengalami gejala penyakit lainnya, seperti demam, mual, muntah, sakit punggung dan perut, Anda mungkin memerlukan perawatan darurat. Gejala ini bisa berarti infeksi telah bergerak melampaui uretra. Kondisi yang berpotensi serius ini memerlukan evaluasi segera oleh dokter Anda atau di bagian gawat darurat.

Baca Juga:  Uretritis Pada Pria - Pengertian dan Penyebab

Jika Anda memiliki benda yang bersarang di uretra Anda, atau luka lain pada penis Anda, segera dapatkan perawatan medis di bagian gawat darurat rumah sakit. Situasi ini dapat berkembang dengan cepat menjadi infeksi yang mengancam jiwa.