Infeksi Jamur Candidiasis – Gejala dan Tanda

Tanda dan gejala infeksi candida dapat bervariasi tergantung lokasi infeksi.

doktersehat-kutil-kelamin-kanker-vagina-keringat

Pada wanita, tanda dan gejala infeksi jamur vagina adalah cairan putih yang kental dan sering digambarkan memiliki penampilan seperti keju. Infeksi biasanya menyebabkan gatal dan mengganggu vagina dan jaringan luar sekitarnya. Terkadang mungkin ada rasa sakit ketika berhubungan seksual atau sensasi terbakar ketika buang air kecil.

Infeksi jamur genital pada pria: Pria dapat mengalami gejala infeksi jamur genital setelah melakukan hubungan intim dengan wanita yang memiliki infeksi jamur vagina. Namun, infeksi jamur tidak dianggap sebagai penyakit menular seksual (PMS) karena wanita dapat memiliki ragi normal di tubuh dan tidak mendapatkannya dari sumber luar. Kebanyakan ahli tidak merekomendasikan pengobatan pasangan seks pria dari  wanita dengan infeksi jamur candida kecuali jika mereka mengalami gejala. Gejalanya bisa meliputi gatal dan rasa terbakar serta ruam pada kulit penis.

Pada bayi dan orang dewasa, infeksi candida dapat muncul dengan berbagai cara.

  • Kandidiasis oral disebut sariawan, berbentuk renda tebal putih di atas dasar merah bisa terbentuk di lidah, langit-langit mulut, atau di tempat lain di dalam mulut. Pola ini terkadang terlihat seperti langit-langit susu namun tidak bisa dilepas semudah susu. Jika plak putih diseka dengan cottonbud atau kapas, jaringan di bawahnya bisa berdarah. Infeksi ini juga bisa membuat lidah terlihat merah tanpa lapisan putih. Nafsu makan bisa turun. Perhatian harus diberikan untuk memastikan seseorang dengan sariawan tidak mengalami dehidrasi. Kondisi ini disebut Oral Thrush, yang sebelumnya disebut sebagai moniliasis, berdasarkan nama yang lebih tua untuk Candida albicans (Monilia).
  • Organisme candida secara alami hidup di kulit, namun kerusakan lapisan luar kulit meningkatkan pertumbuhan berlemak. Hal ini biasanya terjadi bila lingkungan hangat dan lembab seperti di daerah popok dan lipatan kulit. Infeksi kulit kandida superfisial muncul dalam bentuk ruam merah datar dengan tepi tajam bergigi. Biasanya ada pola yang lebih kecil dari ruam yang muncul serupa di dekatnya, yang dikenal sebagai “lesi satelit.” Ruam ini bisa menyebabkan gatal atau nyeri.
Baca Juga:  Infeksi Jamur Candidiasis - Penegakan Diagnosis

Pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, infeksi candida  dapat mempengaruhi berbagai organ dalam dan menyebabkan rasa sakit atau disfungsi organ. Orang dengan sistem kekebalan yang tertekan karena AIDS, kemoterapi, steroid atau kondisi lainnya dapat menyebabkan infeksi jamur yang disebut esophagitis pada sistem gastrointestinal/ pencernaan bagian atas. Infeksi ini mirip dengan sariawan tapi meluas ke mulut dan kerongkongan ke lambung. Esophagitis candida dapat menyebabkan ulkus yang menyakitkan di seluruh sistem pencernaan, sehingga terlalu menyakitkan untuk menelan bahkan sekedar cairan. Jika infeksi menyebar ke usus, penyerapan makanan akan menurun. Orang dengan kondisi ini terancam mengalami dehidrasi. Mungkin ada rasa sakit yang terkait di daerah sternum, nyeri di perut bagian atas, dan/ atau mual dan muntah.

Jika candida masuk ke aliran darah, orang tersebut mungkin sakit atau demam. Jika infeksi menyebar ke otak, mereka mungkin mengalami perubahan fungsi mental atau perilaku.

Gejala lain seperti keluarnya cairan berdarah dari vagina, sakit perut, demam, dan frekuensi kencing yang meningkat juga bisa menunjukkan masalah yang lebih serius, dan Anda harus mencari pertolongan medis.