Gejala dan Penyebab Mulut Kering Atau Xerostamia

DokterSehat.Com – Pernahkah anda mengalami masalah mulut kering? Mulut kering sendiri adalah kondisi dimana mulut mengalami kekurangan cairan ludah yang tentu saja akan membuat penderitanya sangat tidak nyaman dan tidak bisa menikmati makanan. Disamping itu, kurangnya cairan ludah ini juga berimbas pada resiko kerusakan gigi yang semakin besar mengingat fungsi cairan ludah juga dapat mengurangi bakteri yang bisa membuat kerusakan gigi dan membuat plak. Bagaimanakah gejala dari gangguan mulut kering ini?

doktersehat-muka-wajah-lidah

Rasa kering pada mulut bisa dirasakan dengan semakin mengentalnya cairan ludah. Disamping itu, rasa kering pada mulut ini juga berimbas pada pecah-pecah pada bibir, tenggorokan yang sakit, dan adanya benjolan dan pecah-pecah pada sudut mulut. Saat memakan makanan, rasa dari makanan pun terasa hambar dan kurang enak jika dibandingkan saat mulut masih dalam kondisi normal. Biasanya, masalah ini juga berlanjut pada semakin bertambahnya plak gigi dan juga rasa sakit pada gusi. Selain itu, kita juga bisa mendapati adanya pertumbuhan jamur pada mulut.

Masalah mulut kering sendiri mudah menyerang mereka yang hobi merokok atau mengunyah tembakau. Tembakau ternyata bisa menjadi pemicu masalah mulut kering pada mulut. Disamping itu, masalah mulut kering juga sering terjadi pada mereka yang mengkonsumsi obat-obatan tanpa resep dari dokter sehingga mendapatkan efek samping berupa masalah mulut kering ini. Orang tua yang membutuhkan banyak obat-obatan juga akan mudah mengalami resiko mendapatkan mulut kering. Disamping itu, kemoterapi bagi para penderita kanker dan juga kerusakan saraf akibat operasi atau kecelakaan ternyata juga bisa mengurangi produksi dari cairan ludah yang berimbas pada gejala mulut kering.

Jika anda dalam kondisi yang sehat dan tidak mengkonsumsi banyak obat-obatan, bisa jadi anda terkena masalah mulut kering karena kebiasaan anda merokok dalam frekuensi yang banyak. Berhenti merokok tentu akan menjadi hal yang sulit, namun ada baiknya anda harus mulai mengurangi kebiasaan buruk ini agar masalah mulut kering tidak mudah menyerang kesehatan tubuh anda.

Baca Juga:  Jangan Membiasakan Keramas Tanpa Shampoo