Gejala dan Pencegahan Kanker Tulang

DokterSehat.com – Kanker tulang secara umum dibagi menjadi dua jenis, yakni kanker tulang primer dan kanker tulang sekunder.



Kanker tulang primer lebih jarang terjadi ketimbang kanker tulang sekunder. Kanker tulang primer adalah kanker yang dimulai di tulang. Belum diketahui pasti penyebab munculnya kanker tulang.

Sementara kanker tulang sekunder disebabkan oleh sel-sel kanker yang berasal dari organ lain dan menyebar ke tulang, seperti kanker paru-paru yang menyebar ke tulang dan menjadi kanker tulang.

Jenis kanker yang kerap menyebar ke tulang adalah kanker payudara, kanker prostat, dan kanker paru-paru. Untuk mengetahui ada tidaknya kanker tulang sebaiknya lakukan rontgen atau CT Scan terutama pada dada untuk mendeteksi terjadinya penyebaran kanker melalui paru-paru. Selain itu, lakukan pula scanning untuk pada seluruh tulang untuk melihat penyebaran kanker.

Gejala-Gejala Kanker Tulang

Kanker tulang biasanya ditandai dengan munculnya gejala-gejala berikut ini:

Rasa Nyeri atau Sakit
Nyeri pada bagian tulang belakang seperti punggung atau leher bisa menandai terjadinya kanker tulang. Terkadang rasa sakit dapat menyebar ke seluruh tubuh.

Badan Terasa Lemah
gangguan impuls dari tulang belakang menyebabkan tubuh menjadi lemah. Bila sudah terjadi peradangan pada tulang belakang maka kondisi otak tidak bisa berkomunikasi baik dengan kaki. Akibatnya, Anda menjadi kesulitan memegang, meraih sesuatu, bahkan berjalan.

Kepekaan berkurang
Peradangan atau tekanan di daerah tulang belakang – tempat saraf pusat – bisa menyebabkan pengurangan kepekaan terhadap sensasi sentuhan.

Inkontinensia
inkontinensia adalah kelemahan yang disebabkan tekanan pada saraf tertentu dalam tulang belakang yang berfungsi mengontrol kinerja usus dan kandung kemih. Terganggunya impuls dapat mengakibatkan seseorang tidak mampu mengontrol usus, kandung kemih, atau keduanya.

Baca Juga:  Politisi Sutan Bhatoegana Sedang Menderita Penyakit Sirosis Hati yang Berbahaya

Kelumpuhan
Kanker tulang belakang yang berkembang pesat memungkinkan seseorang menderita kelumpuhan. Kelumpuhan bisa pada seluruh anggota tubuh berdasarnya tingkat keparahan kankernya.

Pencegahan Kanker Tulang

Pencegahan kanker tulang bisa dilakukan dengan memahami proses terjadinya kanker itu sendiri. Kanker biasanya terjadi akibat adanya zat karsinogen dan radikal bebas dalam tubuh. Oleh karena itu kita dapat melakukan pencegahan dengan menerapkan pola hidup sehat seperti menghindari kebiasaan merokok, mengonsumsi alkohol, serta makanan yang mengandung banyak lemak dan zat karsinogen. Biasakan mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung antioksidan dan nutrisi penting lainnya, serta lakukan secara  teratur pemeriksaan kesehatan.

Dari berbagai sumber