Perdarahan Vagina – Gejala dan Pencarian Dokter

Seorang wanita mungkin dapat melihat darah pada pakaian dalam atau pakaian tidurnya atau mungkin menemukan darah di toilet setelah buang air kecil. Masa menstruasinya mungkin sangat berat, menyebabkan wanita tersebut mengganti pembalut lebih banyak daripada biasanya.

doktersehat-konsultasi-dokter-konsul

Dokter apa yang merawat perdarahan vagina yang abnormal?
Seorang ginekolog adalah spesialis dalam kondisi saluran kelamin wanita dan dapat mengevaluasi dan mengobati pendarahan vagina. Penyedia layanan kesehatan primer juga dapat mengelola pendarahan vagina.

Bagaimana dengan pendarahan vagina saat hamil?
Pada wanita usia subur (sekitar 18-40 tahun), penyebab paling umum perdarahan uterus abnormal adalah kehamilan dan komplikasinya, seperti kehamilan ektopik atau keguguran. Anovulasi bisa menjadi penyebab pendarahan pada wanita usia subur. Namun, anovulasi terjadi pada kurang dari 20% wanita dalam kategori ini, jadi semua penyebab lainnya, termasuk penyakit radang panggul dan fibroid uterus, harus dikesampingkan.

Banyak wanita mengalami beberapa pendarahan vagina selama trimester pertama kehamilan dan terus memiliki bayi yang sehat. Namun, pendarahan vagina juga bisa menjadi tanda keguguran atau komplikasi kehamilan, sehingga pendarahan vagina selama kehamilan harus selalu dievaluasi oleh profesional layanan kesehatan.

Kapan sebaiknya Anda mencari perawatan medis untuk pendarahan vagina yang abnormal?
Seorang wanita harus melihat profesional perawatan kesehatan untuk setiap pendarahan vagina yang abnormal. Tidak perlu pergi ke bagian gawat darurat rumah sakit untuk masalah ini. Kunjungan ke dokter kandungan (dokter spesialis yang mengkhususkan pada organ reproduksi perempuan) biasanya cukup jika dia berdarah, namun tidak memiliki gejala lain.

Jika seorang wanita mengalami pendarahan vagina yang tidak normal dengan gejala lain, seperti sakit kepala ringan, sakit perut parah, atau demam, dia harus dievaluasi sesegera mungkin. Ini termasuk menuju ke bagian gawat darurat. Ambulans harus dipanggil jika wanita tersebut perdarahan berat karena dia dapat meninggal karena kehilangan darah.