Pneumonia Atipikal – Gejala dan Pemeriksaan

doktersehat-batuk-keracunan-gas-monoksida-rejan-pertusis-Pneumonia-Atipik

Kasus pneumonia atipikal yang paling sering terjadi di akhir musim kemarau dan musim hujan. Namun, infeksi dapat terjadi tanpa pola tertentu sepanjang tahun. Dan, meskipun penyakit ini menular, penyebarannya terjadi perlahan-lahan. Periode menular dalam banyak kasus berlangsung kurang dari 10 hari. Para peneliti juga berpikir membutuhkan waktu lama untuk terinfeksi ketika seseorang mengalami kontak dekat dengan orang yang terinfeksi sampai akhirnya orang lain itu tertular; namun masih ada wabah yang meluas setiap empat sampai delapan tahun. Ketika wabah terjadi, pneumonia atipikal dapat terjadi pada satu dari setiap dua kasus pneumonia.

Gejala Pneumonia Atipikal

Apa saja gejala pneumonia atipikal? gejala umumnya muncul 15-25 hari setelah terpapar Mycoplasma dan berkembang secara perlahan selama dua sampai empat hari. Gejalanya termasuk:

  • Batuk yang mungkin sangat keras tetapi menghasilkan sangat sedikit lendir
  • Gejala seperti flu ringan dengan demam dan menggigil
  • Sakit tenggorokan
  • Sakit kepala
  • Kelelahan
  • Kelemahan berkepanjangan yang dapat bertahan setelah gejala lainnya pergi

Beberapa orang pengidap pneumonia atipik juga mungkin memiliki infeksi telinga, anemia, atau ruam kulit.

Pemeriksaan Pneumonia Atipikal

Beberapa kasus pneumonia atipikal tidak pernah didiagnosis karena orang tidak mencari bantuan medis. Jika Anda pergi ke dokter, diagnosis akan tergantung pada riwayat kesehatan Anda dan hasil pemeriksaan fisik. Dokter akan mulai dengan menanyakan tentang gejala-gejala Anda dan berapa lama Anda telah memiliki mereka. Dokter juga akan meminta Anda tentang di mana Anda bekerja dan apakah ada orang yang sakit juga di rumah atau di tempat kerja.

Selama pemeriksaan fisik, dokter akan mendengarkan dada Anda dengan stetoskop. Dokter mungkin juga meminta pemeriksaan rontgen dada sinar-X dan pemeriksaan laborat darah. Ada tes darah yang secara khusus dapat mengidentifikasi infeksi Mycoplasma. Ini jarang dilakukan, kecuali ada wabah meluas yang sedang diteliti. Tes darah lain digunakan yang mengidentifikasi kehadiran peningkatan zat kekebalan tertentu dalam tubuh yang disebut tes aglutinin dingin. Tes ini tidak akan mengkonfirmasi bahwa Anda telah mengalami pneumonia atipikal, tetapi tes ini mampu mengarahkan diagnosis ke arah sana.

Pneumonia Atipikal – Halaman Selanjutnya : 1 2 3