Gejala Awal Kanker Ini Kerap Disepelekan

DokterSehat.Com – Sebagai penyakit yang sangat mematikan di seluruh dunia, banyak orang yang cenderung tidak mampu mendeteksi gejala-gejala kanker sejak dini. Ironisnya, banyak penderita kanker yang pada akhirnya harus meregang nyawa ternyata cenderung tidak tahu, atau cenderung menyepelekan adanya gejala awal dari penyakit berbahaya ini. Mereka pun baru menyadari jika tubuhnya sedang mengalami masalah saat sel kanker sudah menyebar ke berbagai bagian tubuh sehingga sulit untuk ditangani. Kanker sendiri biasanya menunjukkan sebuah gejala awal yang khas yang sebaiknya diwaspadai seperti sebagai berikut.

doktersehat-batuk-cough-tbc-paru-kanker

Tahuhah anda jika gejala awal kanker biasa diawali dari hal yang sangat sederhana layaknya batuk-batuk? Pakar kesehatan menyebutkan jika batuk atau flu yang berlangsung dengan sangat lama dan cenderung sulit untuk disembuhkan bisa jadi adalah tanda-tanda awal dari penyakit kanker. Memang, batuk yang sulit disembuhkan bisa jadi adalah pertanda dari penyakit lainnya, namun, ada baiknya kita tidak mengambil resiko dan segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter, bukan?

Kanker juga bisa menunjukkan gejala awal yang khas berupa munculnya benjolan pada tubuh yang kadangkala disepelekan sebagai hal biasa. Dari sebuah penelitian di Inggris, diketahui jika 675 kasus kanker diawali dengan munculnya benjolan pada tubuh yang muncul pada bawah kulit atau bahkan pada organ-organ tubuh dalam. Melihat adanya fakta ini, jika kita menemukan adanya benjolan aneh pada tubuh, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi ini ke dokter.

Gejala awal dari kanker lainnya adalah kebiasaan buang air besar yang cenderung tidak wajar atau mengalami perubahan dari normalnya. Memang, perubahan kebiasaan buang air besar bisa terjadi karena perubahan pola makan atau terganggunya sistem pencernaan. Hanya saja, jika perubahan ini cukup aneh dan berlangsung lebih lama, ada baiknya kita segera memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter karena dikhawatirkan menjadi awal dari kanker usus yang berbahaya.