Gejala Awal Asam Lambung Yang Harus Diwaspadai

DokterSehat.Com – Asam lambung adalah suatu gejala maag dimana lambung terkena luka atau peradangan, karena pola makan yang tidak teratur dan bisa menyebabkan perih dan mual.Hal ini terjadi karena lambung memproduksi asam, untuk mencerna makanan dalam keadaan jadwal yang teratur. Bahkan, saat tidur pun lambung tetap saja memproduksi asam walaupun tidak ada makanan yang harus dihancurkan.



Gejala awal asam lambung tinggi hampir saja tidak dirasakan oleh kebanyakan orang, selain pengetahuan mereka yang kurang tentang kesehatan, juga asam lambung ini sangatlah susah dibedakan antara sakit maag biasa dengan gejala asam lambung. Sehingga tidak sedikit orang menganggap remeh akan gejala awal asam lambung ini, padahal jika dibiarkan berlarut-larut akan mengakibatkan kerusakan yang kronis pada fungsi perncernaan mulai dari tenggorokan, lambung hingga usus.

Pada awalnya asam lambung naik dikarenakan kebiasaan makan yang tidak teratur, karena asam lambung keluar dari dinding lambung mempunyai waktu-waktu tertentu sesuai kebiasaan makan kita. jika kita terbiasa makan pada pukul 1 siang maka asam lambung akan keluar pada pukul 1 siang tersebut, namun jika makan tidak teratur maka asam lambung bisa-bisa duluan keluar ke ruang lambung sementara makanan masih kosong itu yang menyebabkan perih di lambung dan bisa membuat asam lambung naik atau refluks.

Berikut ini beberapa gejala asam lambung yang harus Anda waspadai :

  • Produksi Air liur berlebih
    Ini merupakan gejala awal yang dulu pernah saya alami saat belum menyadari saya menderita asam lambung, air liur ini terus diproduksi karena berusaha menetralisir asam lambung yang naik ke tenggorokan.
  • Kepala sering pusing
    Kepala sering pusing karena tekanan asam lambung yang menghasilkan banyak angin di lambung menekan ke dada hingga ke kepala, suplay oksigen ke kepala jadi sedikit dan menyebabkan kepala jadi pusing. Bisa juga jika sudah krosis akan mengganggu sinusitis karena bau dari lambung membuat bakteri tumbuh subur di rongga sinus. yang bisa mengakibatkan kepala pusing.
  • Terasa mual dan mulut pahit
    Mulut pahit dan terasa ingin muntah selalu menghantui jika selesai makan atau sebelum makan karena pengaruh asam yang naik ke tenggorokan
  • Panas pada bagian dada
    Produksi asam lambung yang berlebih akan membuat dada terasa panas karena iritasi dan tekanan angin yang terus berproduksi pada lambung.
  • Terasa panas dan tidak nyaman saat istrahat
    Badan terasa sangat lelah dan ingin sekali tidur, namun tidur sebentar saja udah terbangun lagi karena terasa panas pada bagian dada dan punggung sehingga tidur menjadi jarang nyenyak dan puas.
  • Sering masuk angin dan mata merah seperti mengantuk
    Sendawa merupakan salah satu gejala Anda masuk angin, angin dilambung bisa merambat kemana saja, yang bisa juga menjadi angin duduk yang sering mengakibatkan kematian, angin yang bisa keluar melalui sendawa itu lebih baik ketimbang anginnya tidak bisa keluar.