Gejala Asma Memburuk Ketika Menstruasi

DokterSehat.Com– Sudah diketahui bahwa siklus menstruasi kerap menyebabkan gangguan pada fisik maupun psikis wanita. Perut nyeri serta mudah emosi kerap dikeluhkan para wanita akibat siklus bulanan ini. Namun, sebuah penelitian menemukan bahwa siklus menstruasi juga dapat memperburuk gejala asma.

doktersehat-sesak-nafas-asma

Tim peneliti dari Norwegia memperoleh fakta ini setelah mengamati 4.000 wanita yang dilaporkan memiliki siklus menstruasi yang stabil selama 28 hari atau kurang dan tak ada satupun partisipan yang mengonsumsi kontrasepsi hormonal. Dari situ diketahui bahwa ada 28,5 persen partisipan yang merokok dan 8 persen didiagnosis menderita asma.

Beberapa gejala asma yang memburuk saat menstruasi adalah mengi yang memburuk antara hari ke-10 hingga 22 dalam siklus, dengan sedikit penurunan gejala mendekati masa ovulasi pada sebagian besar partisipan. Gejala lainnya adalah sesak nafas yang memburuk antara hari ke-7 hingga 22 dalam siklus, dengan sedikit penurunan gejala di seputar masa ovulasi. Ditambah lagi batuk-batuk, termasuk pada partisipan yang kelebihan berat badan dan merokok.

Pada dasarnya menstruasi wanita ditentukan oleh proses hormonal kompleks yang terjadi selama siklusnya berlangsung. Masalahnya pada saat itu hormon wanita akan naik turun, termasuk suhu tubuhnya akan naik selama masa ovulasi. Diduga fluktuasi inilah yang memberikan efek langsung pada sistem pernafasan dan efek tak langsung pada respons peradangan terhadap adanya infeksi.

Dr. Ferenc Macsali  menemukan bahwa pernafasan wanita menjadi bervariasi secara signifikan selama siklus menstruasinya berlangsung, bahkan bisa memburuk dari waktu ke waktu. Temuan ini dapat merujuk pada potensi terapi individual untuk mengatasi gangguan pernafasan berdasarkan pola kemunculan gejala pada masing-masing individu, khususnya siklus menstruasi. Penyesuaian ini diprediksi dapat meningkatkan efektivitas pengobatan dan membantu mengurangi kelumpuhan ketika gejalanya kambuh serta meringankan biaya pengobatan.

Baca Juga:  Waspadai Gejala Tukak Lambung Ini!

Menanggapi studi ini, Dr. Samantha Walker dari Asthma UK menganjurkan supaya setiap wanita penderita asma sebaiknya dapat mengenali kapan gejala asmanya dapat memburuk pada waktu-waktu tertentu. Sebagai upaya pencegahan sebaiknya penderita asma  selalu menyiapkan inhaler pada waktu-waktu yang dapat memperburuk gejala asma.