Gejala Aneh Pada Miss V, Apa Artinya?

DokterSehat.Com – Masalah-masalah yang dialami di daerah intim jarang menjadi perbincangan umum. Wanita cenderung malu untuk menceritakannya, bahkan ke teman terdekatnya sekalipun. Beberapa gejala sebenarnya bukan merupakan pertanda hal yang serius. Tetapi beberapa lainnya bisa menjadi tanda dari penyakit serius.

15

Berikut beberapa gejala aneh yang sering dialami wanita pada daerah intimnya,  dan kapan Anda harus menemui dokter Anda :

  • Nyeri
    Nyeri pada miss V mungkin merupakan tanda dari infeksi. Jika hanya terjadi sekali dua kali saat Anda buang air kecil atau berhubungan intim, mungkin nyeri itu disebabkan oleh keadaan miss V yang kering. Tetapi nyeri bisa menjadi tanda dari hal yang serius seperti endometriosis atau cystic ovarium.
  • Gatal
    Anda merasa seperti ada semut di pakaian dalam Anda? Keadaan gatal pada bagian intim dapat disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri pada vagina. Gatal juga dapat menjadi reaksi dari produk yang Anda gunakan misalnya sabun.
  • Mengeluarkan darah
    Jika Anda mengeluarkan darah selain dari siklus menstruasi, bisa jadi itu hanya disebabkan oleh ketidak seimbangan hormon. Hal ini lumrah terjadi jika Anda mengonsumsi obat-obatan atau pil KB. Tetapi, jika hal ini berlangsung terus menerus, Anda tetap harus berbicara dengan dokter Anda.
  • Bau tidak sedap
    Bau tidak sedap dapat menjadi tanda dari hal yang serius. Masalahnya adalah, penyebab dari bau tidak sedap sangat banyak dan sulit untuk diidentifikasi. Untuk itu, jika bau tak sedap mulai mengganggu Anda, sebaiknya Anda segera menemui dokter.
  • Benjolan aneh
    Benjolan aneh di daerah intim Anda bisa berarti banyak hal. Tetapi menurut spesialis obgyn Alyssa Dweck, M.D., kemungkinan hal yang menyebabkannya bukan hal serius. Benjolan bisa disebabkan oleh rambut yang gagal tumbuh atau lesi di bawah kulit. Jika sampai menimbulkan peradangan, Anda sebaiknya mengonsultasikan hal ini pada dokter Anda.