informasi kesehatan


Gejala Alergi pada Tubuh Manusia

Gejala Alergi pada Tubuh Manusia

            

DokterSehat.com – Alergi adalah suatu reaksi kepekaan tubuh yang tidak biasa, terhadap sesuatu atau objek tertentu. Alergi disebabkan oleh penyimpangan dalam sistem kekebalan tubuh. Orang dengan alergi akan memberikan reaksi berlebihan untuk sesuatu yang orang lain tidak menyebabkan masalah. Alergi dapat terjadi pada semua bagian tubuh.

Penyebab Alergi
Salah satu penyebab alergi adalah genetik. Anak-anak dari salah satu orang tua yang menderita alergi, maka mereka berpotensi menderita alergi oleh 15 – 30%. Anak-anak dengan kedua orang tua menderita alergi, dan kemudian anak tersebut kemungkinan 50-75% terpengaruh oleh alergi. Tetapi alergi juga dapat terjadi bahkan jika kedua orang tua tidak menderita alergi. Gejala alergi pada anak dapat terjadi saat anak memiliki reaksi hipersensitif terhadap lingkungan, seperti perubahan suhu udara, udara yang buruk, udara lembab dan suhu udara panas atau dingin.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan alergi adalah: makanan (seperti susu, telur, udang, ikan, kacang-kacangan), obat, kelelahan, stres, debu rumah, spora jamur, serbuk sari, asap kendaraan, asap rokok, udara lembab, udara panas, bau cat, perubahan cuaca, serangga (seperti semut, nyamuk, tawon, ulat).

Gejala Alergi
gejala alergi yang terjadi dalam tubuh dapat dibedakan dari bagian di mana alergi itu terjadi. Beberapa bagian tubuh sering dipengaruhi oleh alergi yang ada:

  • Sistem pernafasan. Gejala alergi pada sistem pernapasan adalah batuk, pilek, hidung tersumbat, bersin, sesak napas, mengi suara, mimisan, sakit telinga, kemerahan telinga, tenggorokan gatal, suara serak.
  • Sistem pencernaan. Gejala alergi terhadap sistem pencernaan: nyeri perut, diare, sulit buang air besar, kembung, dan sering kentut.
  • Kulit. Gejala alergi pada kulit bisa kulit gatal, kulit merah berbintik-bintik, kulit menebal, eksim, kulit menjadi kebiruan / hitam, bibir menjadi bengkak.
  • Mata. Gejala alergi pada mata adalah: mata gatal, mata merah, mata berair, mata belekan, warna kehitaman di bawah mata, bintitan.

Incoming search terms:
alergi adalah,alergi pada manusia,alergi pada mata,gejala alergi,tanda2 alergi pd kulit,tanda alergi panas pada bayi,penyebap alergi pada manusia,penyebab terjadinya alergi dalam tubuh,Penyebab alergi pd badan,penyebab alergi pada manusia,penyebab alergi dalam tubuh,perubahan cuaca alergi kulit,Saat pilek bibir gatal dan menghitam,suara serak dan tenggorokan gatal,akibat alergi pada tubah,tanda elergik,tanda-tanda alergek pada kulit,tanda-tanda alergi pada orang dewasa,tanda2 alergi pada suhu dingin,mimisan sakit kuping,mata gatal kemerahan pada bayi,alergi karena perubahan cuaca atau suhu udara,alergi mata jadi bengkak,alergi pada orang dewasa kulit tebal menghitam gatal,alergi semut merah,alergi tubuh,badan gatal berbintik,gejala alergi anak,gejala alergi pada anak,gejala alergi pada kulit,gejala alergi serangga,gejala-gejala alergi pernafasan,hitam dibawah mata dan sering mimisan,makalah penyakit kulit karena alergi,manusia alergi,Tubuh berbintik-bintik merah gejala

Sumber : keberhasilan.com

Print Friendly


 
                     

 

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

65 Responses to “Gejala Alergi pada Tubuh Manusia”

  1. verisca says:

    Dok mata saya sering bengkak, Gatal, merah dan berair. Dan memang kata sodara saya yg krja sbgi perawat itu disbabkn oleh alergi…. tp saya ga tau alergi ap? Kira2 penyebab apa saja yg menyebabkn mata gatal dan bengkak sprti yg saya alami? Trus apa benar dengan menggunakan kaca mata bisa membantu?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      alergi penyebabnya macam2, anda sendiri yg harus perhatikan apa sebab munculnya bengkak itu dan hindari. bila alergi debu/sinar at udara, penggunaan kacamata bisa membantu, tapi bila alergi makanan tidak membantu. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. Resky says:

    Dok muka saya muncul bintik” merah. Itu alergi krn apa yah dok? Thx

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Alergi penyebabnya macam2, anda sendiri yg harus perhatikan apa sebab munculnya merah2 itu dan hindari. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. Lukman Salim says:

    Dok, sudah 2 minggu terakhir tubuh saya bisa gatal-gatal dan akhirnya jadi merah bengkak. Munculnya tidak berbarengan, mulanya di kaki jadi bengkak, kemudian setelah mengecil, mulai bengkak di tangan dan jari. Saya sudah ke Dokter, dan dibilang ngga perlu kuatir hanya alergi, lalu dikasih obat. Setelah minum obat memang gejalanya tidak timbul lagi. Namun setelah obatnya habis dan tidak minum lagi, mulai muncul lagi. Kira-kira saya mengalami gangguan apa ya?

    Thanks,

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Alergi memang bisa berulang. Hindari faktor pencetusnya. Dan bila tidak ada perbaikan periksakan kembali ke dokter anda. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  4. iin pratiwi says:

    Dok..saya mau tanya, badan saya yang belakang rasanya gatal dan bercak merah,,kira2 itu alergi yg disebabkan apa ya ?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. oki says:

    dok saya mau tanya bintik”di sambung rasa gatal pertamanya sesuai dengan warna badan kemudian menjadi warna merah apakah itu alergi ato apa?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. veronica says:

    maaf dok mau tanya, saya pernah jerawatan dok kira2 udah 1 tahun. sekitar 2 bulan lalu jerawatnya sudah nggak muncul2 lagi. karena masih ada bekasnya, saya konsul ke dokter spkk buat menghilangkan bekas2 nya dan karena muka saya kelihatan agak kering. trus di kasih obat katanya mengandung astaxanthin sama krim malam dan krim pagi ( pelembab ). dalam 1 minggu obatnya sudah habis dan saya teruskan pemakaian krimnya tanpa obat selama 2 minggu setelahnya. nah sekarang setelah 3 minggu habis konsul kenapa muka saya muncul bintik2 jerawat ya dok. kebanyakan kecil2 bernanah di pucuknya dan hanya ada 2 yang besar dan kemerahan. tidak terasa gatal dan panas. apa ini alergi dok? mungkinkah alergi di obatnya. saya sudah menghentikan penggunaan krimnya.

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Sebaiknya anda konsultasikan kembali dengan dokter yg menangani anda, karena beliau yg tahu pasti kondisi kulit dan reaksi obat yg diberikan. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. Ririn says:

    Dok sya tinggal d korea slatan skarang dsni sdang prgantian dari msim dngin ke mudim semi.badan sya gtal2 merah lalu mnghitam tp gatal2 hanya d bagian perut,dada,punggung dan paha bagian atas.sya sdah ke dkter kulit n dberi obat tp mengapa tdak kunjung smbuh dan tambah parah ya dok????

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kemungkinan anda mengalami alergi. Periksakan ke dokter khusus yg menangani alergi. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

      • Ririn says:

        Sudah dok tp setalah obat hbis bekas gatal yg menghitam mnjdi merah dan gatal lagi.ni knpa ya dok??

        Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

        • dr. Vanny Bernadus says:

          Reaksi alergi memang seperti itu. Sulit untuk melepaskan kontak dengam obat. Trims

          Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. Marli says:

    Dokter mau tanya tiba2 anak saya umur 7 tahun daun telinga merahnya merah bengkak seperti digigit serangga, tapi lama2 jadi dua duanya daun telinga bengkak lalu paginya menyusul mata nya bengkak sebelah. apakah itu karena alergi atau memang digigit serangga?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  9. megha says:

    Dok saya mau taya.bdn saya tumbuh bintik “merah ke iteman gt,tapi gak terasa gatal,cma sya risi dan ngerasa gak yaman,,awal mulanya tumbuh bintik”ya sedikit cma bagian paha..aja tapi sekarng tmbh bnyak ke tangan ke kaki..tumbuh bintik”ya pas lubang pori”saya dok..sehingga d kaki d tangan gak tumbuh bulu,krna timbul bintik”itu…penyakit apa ya dok yg saya alami ni..tlong minta bantuanya..

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. saini says:

    dok. tangan sama badan saya berbintik2 merah, saya juga merasakan meriang. panas dingin dan pusing juga..
    gejala ini sih memang mirip gjala cacar, sedangkan menurut mitos, cacar itu hanya akn trjadi 1x seumur hidup, dan saya sdah prnah trkena cacar….
    gjala ini jga tdak jauh berbeda pada waktu itu.., hanya saja ada semacam benjolan dikepala belakang, didua selengkangan paha dan juga saya merasa sakit jika mngangkat tangan…
    apakah mngkin ini hanya krna kecapean?
    atau bagaimana menurut anda?

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Dikhawatirkan anda mengalami herpes zooster. Segera periksakam ke dokter. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. deden says:

    siang dok
    saya mau tanya penyebab penyakit kulit disekitar mulut luar(wajah)menjadi ada warna hitam, apakah karena alerghi atau apa?
    terima kasih

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. ria says:

    sy 2 hari ini gatal di muka. bagaimana cara mengatasi

    Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Gatal penyebabnya bermacam2. Harus diketahui dulu penyebabnya baru dapat ditangani. Trims

      Like or Dislike: Thumb up 0 Thumb down 0