informasi kesehatan


Gejala Alergi pada Tubuh Manusia

Gejala Alergi pada Tubuh Manusia

DokterSehat.com – Alergi adalah suatu reaksi kepekaan tubuh yang tidak biasa, terhadap sesuatu atau objek tertentu. Alergi disebabkan oleh penyimpangan dalam sistem kekebalan tubuh. Orang dengan alergi akan memberikan reaksi berlebihan untuk sesuatu yang orang lain tidak menyebabkan masalah. Alergi dapat terjadi pada semua bagian tubuh.

Penyebab Alergi
Salah satu penyebab alergi adalah genetik. Anak-anak dari salah satu orang tua yang menderita alergi, maka mereka berpotensi menderita alergi oleh 15 – 30%. Anak-anak dengan kedua orang tua menderita alergi, dan kemudian anak tersebut kemungkinan 50-75% terpengaruh oleh alergi. Tetapi alergi juga dapat terjadi bahkan jika kedua orang tua tidak menderita alergi. Gejala alergi pada anak dapat terjadi saat anak memiliki reaksi hipersensitif terhadap lingkungan, seperti perubahan suhu udara, udara yang buruk, udara lembab dan suhu udara panas atau dingin.

Faktor-faktor yang dapat menyebabkan alergi adalah: makanan (seperti susu, telur, udang, ikan, kacang-kacangan), obat, kelelahan, stres, debu rumah, spora jamur, serbuk sari, asap kendaraan, asap rokok, udara lembab, udara panas, bau cat, perubahan cuaca, serangga (seperti semut, nyamuk, tawon, ulat).

Gejala Alergi
gejala alergi yang terjadi dalam tubuh dapat dibedakan dari bagian di mana alergi itu terjadi. Beberapa bagian tubuh sering dipengaruhi oleh alergi yang ada:

  • Sistem pernafasan. Gejala alergi pada sistem pernapasan adalah batuk, pilek, hidung tersumbat, bersin, sesak napas, mengi suara, mimisan, sakit telinga, kemerahan telinga, tenggorokan gatal, suara serak.
  • Sistem pencernaan. Gejala alergi terhadap sistem pencernaan: nyeri perut, diare, sulit buang air besar, kembung, dan sering kentut.
  • Kulit. Gejala alergi pada kulit bisa kulit gatal, kulit merah berbintik-bintik, kulit menebal, eksim, kulit menjadi kebiruan / hitam, bibir menjadi bengkak.
  • Mata. Gejala alergi pada mata adalah: mata gatal, mata merah, mata berair, mata belekan, warna kehitaman di bawah mata, bintitan.

Incoming search terms:
alergi adalah,alergi pada manusia,alergi pada mata,gejala alergi,tanda2 alergi pd kulit,tanda alergi panas pada bayi,penyebap alergi pada manusia,penyebab terjadinya alergi dalam tubuh,Penyebab alergi pd badan,penyebab alergi pada manusia,penyebab alergi dalam tubuh,perubahan cuaca alergi kulit,Saat pilek bibir gatal dan menghitam,suara serak dan tenggorokan gatal,akibat alergi pada tubah,tanda elergik,tanda-tanda alergek pada kulit,tanda-tanda alergi pada orang dewasa,tanda2 alergi pada suhu dingin,mimisan sakit kuping,mata gatal kemerahan pada bayi,alergi karena perubahan cuaca atau suhu udara,alergi mata jadi bengkak,alergi pada orang dewasa kulit tebal menghitam gatal,alergi semut merah,alergi tubuh,badan gatal berbintik,gejala alergi anak,gejala alergi pada anak,gejala alergi pada kulit,gejala alergi serangga,gejala-gejala alergi pernafasan,hitam dibawah mata dan sering mimisan,makalah penyakit kulit karena alergi,manusia alergi,Tubuh berbintik-bintik merah gejala

Sumber : keberhasilan.com

pf button both Gejala Alergi pada Tubuh Manusia
                     

Berikan Komentar

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

27 Responses to “Gejala Alergi pada Tubuh Manusia”

  1. zha says:

    Jjika suhu dlm tubuh saya panas, baik itu olah raga atau minum alkohol maka saya sering alergi gatal gatal di seluruh tubuh. Bentol bentol besa dan muka saya membengkak. Apa penyebabnxa. Apa pula obatnya?

    Komentar Yang Sangat Menarik! Thumb up 5 Thumb down 3

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Salam Sejahtera,
      Penyebabnya ialah idiopathic, biasanya faktor genetic. Maaf kami tidak dapat meresepkan obat disini, namun obatnya bisa diperoleh di apotek, yaitu obat yg mengandung antihistamine atau biasanya akan hilang sendiri dalam waktukurang dari 24 jam. Bila Lebih Dari 24 jam Dan Alergi yg ditimbulkan berat sampai menimbulkan sesak napas, segera ke dokter untuk ditangani segera. Trims :)

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  2. kanata says:

    jika udara dingin saya sering gatal gatal di deluruh tubuh dan berangsur berhari hari .. tips untuk mengobati donk

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 4 Thumb down 1

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Hindari paparan dengan utara dingin agar tidak terjadi urtikaria ( bentol2). Namun anda bisa meningkat kwan tingkat toleransi alergi anda yaitu dengan terus terpapar utara dingin, sehingga lama2 tubuh anda pun dapat bertoleransin dengan utara dingin Dan alergi tu Akan hilang. Trims :)

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  3. ike irawati says:

    jika udara dingin timbul gatal2 ato biduren,tp skg brkurang..tktny timbul lg..dan agak sesak napas tp jarang..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 2

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bila terus terpapar utara dingin/allergen (benda/Hal yg menimbulkan alergi), lama2 tuuh Akan bertoleransin sehingga bila terpapar/terkena alergentersebuttidak bereaksi apa2. Namun bila sampai sesak napas, sebaiknya anda beri tahukan orang Sekitar tentang alergi anda, agar bila sampai terjadi sesak napas, dapat segera menolong anda Dan dapat menceritakan Hal yg terjadi kepada dokter. Dan bil sampai sesak naps sebaiknya periksakan ke dokter. Trims :)

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

  4. Azer says:

    Saya sering tiba2 gatal di wajah dan kepala ,saya coba ke dokter dan diberi obat tp gatalnya hanya berkurang saja,klo saya amati ,saya mulai gatal2 ini sejak mulai masuk musim hujan setelah kemarau panjang,apa ini krn perubahan musim lalu apa obat dan cara pencegahannya ?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 4 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Obatnya ialah yg mengandung antihistamine, anda bisa peroleh di apotek. Pencegahannya ialah dengan menghindari penyebab alergi ya. Trims :)

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  5. Thelly says:

    Ketika stress, bisa menyebabkan alergi?
    saya beberapa kali alergi tapi blom tau alergi apa…
    Sampai sekarang belom ke dokter untuk di cek tapi kata dokter jangan makanan makanan kaleng, kacang, pickles dll…apakah itu betul?

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Alergi bisa disebabkan oleh apa Saja, bahkan alergi terhadap sentuhan atau tekanan pun Ada. Sebaiknya anda caritahu tentang alergen anda agar dapat menhindarinya. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  6. rasyiah says:

    saya kalau sudah cuaca panas atau berkeringat selalu timbul bintik-bintik merah dan gatal dari bagian leher sampai bagian kaki, bagaimana cara mengatasinya sedangkan saya setelah aktifitas saya selalu mandi dan ganti baju, bagaimana solusinya

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Bersihkan keringat anda sesering mungkin atau anda dapat gunakan bedak yg mengandung mint, agar keringat anda tidak Berlebih. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  7. yuli ariyani says:

    dok, ini sekarang saya terkena alergi pada jam tangan, setiap saya menggunakan jam tangan dari bahan stainlis, karet atau kain tangan saya pasti dalam waktu 1×24 jam langsung bereaksi bentol-bentol merah kecil-kecil, penebalan kulit dan gatal.saya sudah minum obat yang bersifat antihistamin, tapi saya bingung mau pakai salep apa yang cocok untuk gejala saya dan agar tidak menimbulkan bekas juga.

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Salam Sejahtera,
      Dermatitis kontak alergi dapat diterapi yaitu dengan cream yg mengandung kortikosteroid Dan antibiotic. Selain itu anda harus menghindari kontak dengan benda yg anda sebutkan sebagai alergen. Trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  8. penasaran says:

    salam sejahtera, dok mo nanya nih, jika dibagian paha terasa gatal, kadang berair klo digaruk, trus setelah digaruk , bekasnya berwana hitam, mudah menjalar disekitar paha tersebut… yg bikin penasaran kumatnya ketika musim dingin, atau suhu udara terasa dingin gitu?? kenapa itu pak dokter.. trimss

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat pagi,
      Salam sejahtera kembali,

      Kemarahan di bagian selangkangan dapat disebakan oleh dermatitis (eksem) atau oleh infeksi jamur. Gambaran antara keduanya berbeda pada dermatitis kemerahan nampak semuanya, sedang pada infeksi jamur terdapat penyembuhan di bagian tengah (nampak putih bulat di tengahnya).

      Meskipun untuk memastikannya tetap memerlukan pemeriksaan fisik lebih lanjut, dari deskripsi ibu di atas yang menyebutkan gatal/ kambuh hanya pada saat suhu dingin lebih mengarah kepada dermatitis. Kenapa bisa terjadi demikian?

      Dermatitis terjadi karena proses alergi. Keadaan alergi (dalam hal ini dingin) pada tubuh menyebabkan sistem imun teraktivasi, sistem imun yang teraktifasi ini akan mengaktifkan mediator-mediator inflamasi terjadilah proses peradangan kulit yang nampak kemerahan. Gejala kehitaman terjadi karena pada proses penggarukan terjadi mikrolesi yang untuk penyembuhannya dibentuk jaringan baru yang lama-lama menumpuk dan terjadi hiperpigmentasi.

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 1 Thumb down 0

  9. El says:

    Dok, saya agk risih dgn alergi kulit yg saya alami, jd klo cuaca/ udara panas kulit bagian tubuh belakng timbul bercak kemerahan dan itu timbul dlm jngka waktu yg lama. Saya sudah dianjurkan minum nizoral dan memang ada perubahan. Namun jika tdk mengkonsumsi lg, bercak kemerahan itu muncul lg. Mohon solusinya dok. Terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat pagi,

      Kemerahan di bagian tubuh dapat disebakan oleh dermatitis (eksem) atau oleh infeksi jamur. Gambaran antara keduanya berbeda pada dermatitis kemerahan nampak semuanya, sedang pada infeksi jamur terdapat penyembuhan di bagian tengah (nampak putih di tengahnya).

      Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai keadaan ibu lebih mengarah ke yang mana penyakit ibu tersebut?
      Di bagian tubuh mana tempat kemerahan tersebut terjadi?
      Obat nozoral yang ibu gunakan diperoleh dari mana? apakah dari dokter?
      kerena pengobatan antara kedua jenis penyebab tersebut tentunya berbeda.

      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  10. El says:

    @Dokter Nelly,

    Dibagian punggung hampir seluruh bagian blkang bercak merah mengelilingi, indikasi:
    - bentuknya sprti pulau
    - warna kemerahan
    - muncul jika suhu badan panas atau stlah berolah raga dan saat cuaca panas, berkeringat
    - muncul dibagian, punggung blkang sampai pinggang, trus ke bahu dan dada.

    Mohon solusi pengobatan atau pencegahannya dok…terima kasih

    Regards,

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. nellyn angela says:

      Selamat malam,

      Sebelumnya Perlu diketahui bahwa untuk memastikan diagnosa suatu penyakit kulit, seorang dokter harus melihat langsung bentuk lesi / kemerahan yang pasien alami. Hal ini dikarenakan penyakit kulit harus dilihat detail kelainan nya dan tanda spesifik yang umunya orang biasa sulit mendiskripsikannya.

      Melihat dari penjabaran yang dikemukakan di atas, bentuk merah seperti pulau dan membaik dengan penggunaan nizoral, dugaan saya mengarah kepada penyakit infeksi kulit akibat jamur.

      Untuk pengobatan penyakit jamur ini, bila memang sudah sering kambuh maka pengobatan anti jamur harus digunakan 2 jenis yaitu yang diminum dan juga yang dioleskan ke kulit. Penyakit jamur ini berhubungan dengan kelembapan, di tempat lembab jamur akan senang untuk bertumbuh. Oleh karena itu pengobatan juga harus ditambahkan dengan menjaga daerah tersebut kering, pakailah baju yang menyerap keringat dan segera menggantinya bila memang sudah basah. Jagalah higienitas daerah-daerah tubuh tentunya poin yang tidak kalah penting dalam hal ini. Serta Hindarilah pencetus seperti yang ibu ungkapkan di atas.

      Untuk baiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mendapatkan terapi segera. Jangan menggunakan sembarang obat karena bila digunakan obat untuk dermatitis sedangkan yang diderita adalah penyakit jamur maka keadaan akan menjadi lebih parah.

      Semoga bermanfaat

      Terima kasih

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  11. Yuniarti says:

    Selamat Pagi Dr. Nellyn

    Dok, setiap saya kehujanan atau kena udara yg terlalu dingin, kulit saya gatal-gatal dan keluar kemerahan dok di sekitar muka, tangan dan kaki.
    Mohon solusi dan cara pengobatannya dok.

    Terima kasih

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  12. ikha says:

    dokter nma sya riska , umur 18 thun dari kota Balikpapan (kal-tim)
    dok saya mau nanya kenapaa yaa ko tiba tiba di paha saya adaa bintik bintik kecil warna merah itu kenapa ya dok ?
    ku tunggu jawabannya dok

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Maag keterangan anda kurang jelas,
      Apakah gatal? Ada riwayat keluar rumah seperti memdaki gunung, berkebun, atau keluar ke daerah mana? Ada gejala lainnya? Sudah berapa lama?

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  13. lili dasa putri says:

    dok,
    saat ini saya menderita gatal kurang lebih udah 3 bulan.saya seorang mhasiswa disalah satu pPTN bandung,saya berasa dari padang.yg saya ingin tanyakan apa obat untuk mengobati gatal2 ditubuh saya? karna saya udah beberapa kali berobat ke dokter dan dikasih obat,namun setelah obatnya habis gatal2 sama bentol2 numbuh lagi…
    dan kalo gatalnya itu kambuh rasanya perih dan panas,kulit aku juga mengering..
    mohon petunjuknya nya y dok.terima kasih..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Kamu harus perhatikan gatal2 Yg muncul setelah Kegiatan apa, atau terkena apa, atau makan/minum apa. Karena bila penyebabnya tidak dihindari maka Akan terus berulang.
      Kami disini tidak meresepkan obat. Sebaiknya periksakan dahulu ke dokter. Troms

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

  14. riri says:

    Selamat pagi dok,dari kecil saya sudah menderita alergi terutama jika terkena udara pagi, berada di daerah dingin, pergantian cuaca,jika terlalu panas maka bagian-bagian tertentu yang mengenakan bahan yang mengandung karet juga memerah, tetapi tidak parah karena mudah sembuh dengan sendirinya, dan berdaa di ruangan AC juga tidak ada masalah dok asal tidak keterlaluan dinginnya (bahkan teman saya kedinginapun saya masih biasa-biasa saja) tetapi akhir-akhir ini alergi saya agak parah dok, mulai matahari terbenam sampai pagi kulit gatal-gatal dan bentol-bentol di seluruh tubuh bahkan mata dan bibir saya bengkak jika siang gatal dan bentol hilang/berkurang kemarin-kemarin saya pernah berobat dan kambuh lagi setelah obat habis, saya juga pernah suntik dexa dalam waktu singkat merahnya hilang tapi paling dua hari sudah kumat lagi dan saya takut efek samping dexa dok.Mohon solusinya dok.terima kasih..

    Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0

    • dr. Vanny Bernadus says:

      Untuk alergi sendiri memang merupakan bawaan Dari badan, gejalanya bisa dikurangi namun sulit untuk Hilang sama sekali. Saat Ini kemungkinan kadar Alergi dalam darah kamu sedang meningkat Dan perlu terapi untuk menurunkannya, untuk alergi bisa diterapi dengan antihistamine Dan kortikosteroid seperti déjà methadone bisa membantu namun dosisnya tetap harus dikontrol Oleh dokter. Kami sarankan anda untuk berkonsultasi kembali dengan dokter, Dan bila perlu dengan dokter spesialis kulit, trims

      Setuju atau Tidak Setuju: Thumb up 0 Thumb down 0