Gejala Alergi Cuaca

DokterSehat.com – Alergi makanan dan debu merupakan jenis alergi yang paling sering dialami seseorang. Namun, sebenarnya ada jenis alergi lainnya seperti alergi cuaca.



Menurut spesialis andrologi, dr Indra G. Mansur, alergi cuaca yang dialami seseorang sebenarnya lebih banyak terjadi pada alergi angin. Hal ini disebabkan angin bisa membawa debu. Berikut ini beberapa gejala yang ditunjukkan bila seseorang memiliki alergi terhadap cuaca.

1. Urtikaria (bercak merah)
Debu yang terbawa angin atau udara dingin bisa menyebabkan timbulnya bercak-bercak merah pada tubuh. Bercak ini bisa tumbuh di bagian tubuh tertentu lalu menyebar ke bagian lainnya. Terkadang munculnya bercak merah disertai rasa gatal yang bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya. Alergi angin ini akan menyebar ke beberapa bagian tubuh seperti lipatan lengan atau ketiak.

2. Angioedema (bengkak pada jaringan dalam tubuh)
Munculnya bercak kemerahan akan menyebabkan pembengkakan pada jaringan yang lebih dalam. Kondisinya akan lebih parah bilapembengkakan disertai dengan penurunan tekanan darah yang bisa mengakibatkan timbulnya pusing atau gejala lain yang lebih serius. Pembengkakan akibat alergi cuaca ini juga bisa menimbulkan rasa terbakar atau nyeri.

3. Sindrom Raynaud
pada beberapa orang gejala ini ditandai dengan adanya penyempitan pembuluh darah berat pada tangan dan kaki. Penyempitan ini mengakibatkan menurunnya kadar oksigen hingga bagian kulit menjadi berwarna putih dan terasa nyeri. Bila dihangatkan, kulit akan berubah menjadi seperti pelangi, merah diikuti biru.

4. Asma
Seseorang yang mengidap asma dan memiliki alergi cuaca biasanya dapat membuat asma kambuh dengan menghirup udara dingin. Awalnya seseorang akan merasa sesak dan saluran napas menyempit. Cuaca dengan udara dingin dan kering terkadang dapat lebih menimbulkan efek yang kuat ketimbang udara yang lembab. Gejala asma akan lebih buruk bila seseorang sedang pilek dan berada pada lingkungan yang berangin dingin.

Baca Juga:  Tekanan Darah Tinggi Bisa Merusak Ginjal

5. Hidung berair
Hidung berair mirip dengan gejala alergi meskipun secara teknis bukan alergi. Kondisi ini ditandai dengan kondisi hidung yang terus berair, bersin, dan hidung tersumbat.

Seseorang yang memiliki alergi cuaca biasanya tidak mengalami gejala ini ketika berada dalam rumah. Hal ini dikarenakan biasanya debu terdapat di luar rumah.

Jika Anda sudah mengalami gejala-gejala ini sebaiknya segera lakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter dan cegah alergi muncul kembali dengan selalu menggunakan jaket setiap pergi ke luar rumah terutama ke tempat yang dingin dan berangin.