Gaya Hidup Sehat Akan Mencegah Kekusaman Kulit

DokterSehat.com– Kulit yang sehat pasti menjadi dambaan semua orang, tidak hanya wanita namun  juga kaum pria. Kulit sehat merupakan cerminan dari tubuh yang sehat. Sedangkan tubuh yang sehat adalah cerminan dari pola hidup yang sehat, mulai dari pola makan, tidur yang cukup, serta gaya hidup. Namun jika Anda memiliki pola makan yang buruk, waktu tidur yang kurang, kebiasaan merokok, dan meminui alkohol akan menyebabkan tubuh menjadi lelah. Sebab itulah yang menjadikan kulit menjadi tampak kuyu dan kusam.



Kondisi kulit yang kusam dikarenakan darah yang dialirkan ke kulit menjadi tidak berfungsi secara maksimal akibat hambatan yang dihasilkan racun-racun dalam tubuh yang tidak sehat. Permukaan kulit akan melakukan regenerasi setiap 28-30 hari sekali, dan menghasilkan tekstur kulit yang baru dengan tekstur yang lembut. Namun jika gaya hidup kurang baik akan menghambat proses regenerasi, sehingga permukaan kulit tidak akan lepas hingga menumpuk-numpuk dan menyebabkan kulit kasar, kusam, dan berjerawat.

Untuk mengatasinya, memang ada banyak produk kecantikkan yang bisa digunakan. Namun alangkah baiknya jika melakukan perubahan gaya hidup yang lebih sehat. Karena pola inilah yang akan menyehatkan kulit. Terkadang produk kecantikan tersebut membutuhkan waktu yang lama untuk menghasilkan kulit yang cerah dan sehat.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan kulit yang sehat melalui pola hidup yang sehat berikut:

Perbanyak air putih, mulai dari 2-3 liter setiap harinya. Selain itu, konsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin yang terdapat dalam sayuran dan buah-buahan. Tentunya dengan menjauhkan alokohol dan mengurangi minuman dan makanan yang megandung kafein.

Dengan tidur yang cukup akan mengurangi rasa lelah dan stres oleh aktivitas kerja setiap hari. Minimal dapatkan jam tidur selama enam jam.

Baca Juga:  Cedera Tulang Penyebab Badan Bungkuk

Kulit yang kusam diakibatkan oleh sumbatan racun yang ada dalam darah. Maka dari itu, untuk mengatasi kulit yang kusam dan kasar adalah dengan membersihkan wajah (kulit) dengan rutin setiap hari.

Saat membersihkan wajah haruslah memakai tahapan yang benar. Misalnya saat membersihkan wajah, langkah pertama adalah dengan menggunakan facial cleanser yang sesuai dengan jenis kulit. Hal ini dilakukan saat mandi pagi dan setelah beraktivitas di malam hari. Namun jika Anda memiliki aktivitas yang sangat padat di siang hari, disarankan juga untuk membersihkan muka. Intinya disesuaikan dengan kebutuhan wajah.

Selain itu, lakukan scrubbing pada wajah. Treatment dapat dilkukan sesuai dengan kebutuhan kulit Anda. Jika kusam dan terasa kasar dapat dilakukan scrubbing seminggu sekali. Namun jika melebihi itu dapat dilakukan scrubbing dua kali seminggu. Di samping itu dapat pula digunakan obat-obatan yang sesuai, selama tidak membuat kulit iritasi.

Sementara itu, ada pula pilihan produk yang bersifat eksfoliatif untuk membantu pengelupasan kulit yang kasar. Pilihlah krim yang mengandung AHA (Alpha Hydroxy Acid), PHA (Polyhydroxy Acid), atau DHA (Docosahexaenoic Acid). Zat-zat tersebut akan membantu melepaskan kuliat secara perlahan. Jika Anda tidak ingin repot, kunjungilah dokter kecantikan yang sudah profesional. Ha-hal ini adalah cara yang aman.

Perlu sangat diperhatikan adalah keteraturan dalam merawat kulit untuk mendapatkan kulit yang cerah dan sehat. Meski hasilnya tidak instan, karena akan membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 bulan. Selain itu tetaplah bergaya hidup sehat. Selamat memiliki kulit cantik.